Harga Capai Jutaan Rupiah, Riff Box Banyak Dipakai untuk Servis eMMC

Riff Box - gsmraj.comRiff Box - gsmraj.com

Meskipun dengan operasi OS kini sudah semakin , rupanya masih saja ada beberapa orang yang mungkin mengalami masalah pada perangkatnya. Semakin suatu hp atau smartphone, biasanya akan semakin mahal pula biaya atau perbaikannya. Apalagi jika permasalahan menyerang bagian memori eMMC.

“Kerusakan pada memori eMMC misalnya, ini tentu tak mudah ditangani. Selain itu biayanya juga mahal. eMMC ini merupakan memori yang menyimpan berbagai ponsel. Nah, ciri-ciri eMMC rusak salah-satunya ponsel susah loading dan seringkali restart,” demikian seperti dilansir Tabloidpulsa.

Untuk memperbaiki IC eMMC biasanya menggunakan flash yang dinamakan box flasher. Perbaikan pada chip eMMC biasanya hanya sebatas software saja, pasalnya bentuknya sudah terpasang dalam IC, sehingga tidak bisa diperbaiki secara fisik atau kasat mata. Jika bertanya ke sejumlah service center, biasanya biaya atau tarif perbaikan handphone yang mengalami kerusakan eMMC memang cukup mahal. Padahal IC eMMC-nya sendiri tidak terlalu mahal.

“Harga IC eMMC sebenarnya tidak mahal. Namun pengerjaan untuk penggantian eMMC tersebut memakan waktu, berisiko besar, serta alat repair yang mahal. Terlebih IC eMMC dipasang secara permanen (di-lem), sehingga dalam penggantian eMMC ini memerlukan ketelitian,” demikian seperti dilansir Infogadget.

Berbeda dengan flashing biasa yang hanya membutuhkan CPU hp dalam berkomunikasi untuk pengisian pada chipset memori (IC flash), flashing (pengisian OS) pada eMMC membutuhkan alat yang dinamakan box flasher yang harganya cukup mahal. Saat ini ada banyak pilihan box flasher yang beredar di pasaran, mulai dari yang paling populer seperti Riff Box, Ufibox, hingga Easy JTAG.

Harga box-box flasher tersebut bisa mencapai jutaan satu setnya. Sebagai contoh untuk Riff Box kondisi baru dijual dengan harga mulai Rp 650 ribuan hingga Rp 1,75 juta. Jika ingin yang lebih murah, di sejumlah situs jual beli online juga ada beberapa pedagang yang menjual Riff Box dalam kondisi second. Adapun harga Riff Box bekas relatif lebih murah, berada pada kisaran Rp 250 ribuan hingga Rp 500 ribuan. Yang membuat perangkat ini semakin mahal, sang pengguna juga masih harus memberi license activation alias lisensi yang harganya mencapai Rp 625 ribu untuk menggunakan seluruh fitur pada Riff Box.

Loading...