Lagi Ngetren, Berapa Harga Cajon di Gramedia?

Harga Cajon - www.kopfpercussion.comHarga Cajon - www.kopfpercussion.com

-musik akustik mungkin sudah tak asing lagi dengan alat bernama cajon. Alat satu ini memiliki tampilan yang memang tergolong unik. Sepintas mirip salon speaker, padahal cajon adalah alat ritmik yang dimainkan dengan cara dipukul. Jika dulunya merupakan alat impor, kini sudah banyak cajon yang di secara offline maupun online, termasuk di MG Sports & Music Gramedia. Harga cajon sendiri cukup variatif, tergantung model dan mereknya.

Cajon atau yang juga kerap disebut kahon, kajon, maupun kazon ini dijual di kisaran harga ratusan ribu , yakni mulai Rp195 ribuan hingga Rp500 ribuan di pasaran. Tak hanya dalam wujud yang sudah jadi saja, cajon pun banyak dijual dengan tampilan yang bisa dikustomisasi sesuai selera para pembelinya.

Salah satu produksi cajon bernama Ryan Ade Pratama mengaku bisa meraup omzet hingga belasan juta rupiah dari berjualan cajon. Awal mula Ryan merintis usahanya menggunakan uang saku sendiri sejak tahun 2010.

“Waktu itu bikin karena harus beli dengan banyak. Tripleks kan harus dibeli selembar besar itu. Jadi, saya sekali bikin bisa 4, 2 untuk saya dan teman, sisanya dijual. Dijualnya pun ke komunitas sendiri. Ternyata responsnya bagus, jadi ya diteruskan sampai sekarang,” ujar Ryan, seperti dilansir Kompas.

Lewat brand Koning Percussion, Ryan bukan hanya bertindak sebagai perajin, namun juga mengarahkan usahanya untuk skala industri. Tak hanya rajin melakukan riset, Ryan juga terus melakukan inovasi untuk mengembangkan usahanya. Hingga kini ia telah membuat 11 tipe cajon. “Itu semua untuk memenuhi segala genre musik. Kita bikin (cajon) untuk semua aliran musik,” jelasnya.

Saat awal merintis usaha, Ryan mengaku cukup kesulitan untuk memasarkan produknya secara luas lantaran kala itu cajon masih dianggap sebagai baru yang belum terlalu dikenal. “Awalnya promosi cuma dari mulut ke mulut, tetapi kemudian pakai media online, jadi lumayan terbantu,” bebernya.

Ryan mengaku, dalam sebulan bisa memproduksi 50-60 unit cajon dengan harga antara Rp600 ribu hingga Rp1,2 juta. Dalam 1 bulan Ryan dapat menjual sekitar 30-35 unit cajon. Omzet yang dicapai pun bisa mencapai Rp18 jutaan. Menggiurkan sekali bukan?

Loading...