Kaya Antioksidan, Segini Harga Caisim per Kg

Caisim/sawi hijau (sumber: jurnalpostmedia.com)Caisim/sawi hijau (sumber: jurnalpostmedia.com)

JAKARTA – Sama seperti lainnya, caisim atau juga mengandung antioksidan yang mampu melindungi Anda dari radikal bebas, sebagai sumber serat yang bagus, serta meningkatkan kesehatan saluran pencernaan. Jika Anda tertarik dengan sayuran ini, caisim biasanya dijual per kg dengan yang relatif terjangkau.

Dilansir dari Satu Harapan, caisim termasuk sayuran daun dan tergolong ke dalam semusim atau berumur pendek. Sayuran ini umumnya dikonsumsi dalam bentuk olahan, dengan rasa yang renyah, segar, serta sedikit pahit karena ada kandungan alkaloid carpaine. Anda bisa memasak langsung dengan cara ditumis atau menjadi campuran mi goreng, cap cay, hingga nasi goreng.

Tidak sulit mendapatkan caisim karena Anda bisa membelinya di sejumlah tradisional, bahkan ada yang menjualnya lewat platform online. Pasarinduk.id misalnya, menawarkan caisim dengan harga berkisar Rp14 ribuan per kg untuk kawasan DKI Jakarta. Sementara, salah satu penjual di lapak e-commerce menjual sayuran ini dengan banderol Rp13 ribuan per kg.

Layaknya sayuran lainnya, harga caisim memang cenderung fluktuatif, tergantung persediaan dan permintaan. Jika panen sedang melimpah namun permintaan sedikit, harganya bisa anjlok tidak karuan. Petani di Desa Bengkel, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan misalnya, sempat memanen sekitar 2 ton tanaman caisim dengan luasan lahan 14 hektar. Kala itu, harga di tingkat petani yang semula Rp2.500 per kg, turun menjadi Rp1.500 kg, lalu anjlok lagi menjadi Rp1.000 per kg.

“Mulanya kami sempat mengalami harga panen yang turun sampai Rp1.000 per kg. Untuk meringankan beban petani, kami mengumpulkan donasi kemudian membeli sayur petani yang sudah hampir terbuang,” papar Perbekel Desa Bengkel, Kediri, Tabanan, I Nyoman Wahya Biantara, dilansir Antara.”Beberapa donatur juga membantu membeli dengan harga Rp2.000 sebagai stimulus agar harga pasar segera stabil.”

Lemahnya daya beli masyarakat pada tahun 2020 juga dirasakan oleh petani sayur di Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga. Akhirnya, harga pun melorot tajam. Di tingkat petani, harga caisim dan sawi putih masing-masing hanya Rp1.000 per kg, sedangkan harga cabai merah ditawar Rp7.000 per kg dan harga tomat Rp1.500 hingga Rp3.000 per kg.

Loading...