Harga per Kilo Bisa Sampai Rp60 Ribu, Budidaya Cacing Tanah Ternyata Menguntungkan

Budidaya Cacing Tanah - salakan.desa.idBudidaya Cacing Tanah - salakan.desa.id

Cacing tanah mungkin bagi sebagian orang dianggap sebagai yang menjijikkan. Tapi siapa sangka, berbisnis cacing tanah lumbricus rubellus atau cacing tanah ekor kuning ternyata bisa mendatangkan keuntungan yang melimpah. Bahkan ada juga pembudidaya cacing tanah yang mampu meraup jutaan rupiah per bulan dari berjualan cacing tanah per kilo atau bahkan dalam besar. Bagi industri atau farmasi, cacing tanah jenis ini dianggap memiliki jual yang tinggi.

Salah seorang pembudidaya cacing tanah asal Jombang, Sukartono mengaku bisa memperoleh hampir 2 kuintal cacing siap jual dalam setiap kali panen. Menurutnya, budidaya cacing tanah memang susah-susah gampang. Hal yang perlu diperhatikan berkaitan dengan kelembapan tanah yang dijadikan media untuk budidaya cacing itu sendiri. “Harus lembab dan dijauhkan dari sinar matahari. Sebab kalau cacing kepanasan tubuhnya akan menyusut dan akhirnya dimakan cacing lain,” jelas Sukartono, seperti dilansir Jawapos.

Sukartono menjelaskan, per 1 kilogram (kg) cacing tanah siap jual biasanya dibanderol dengan harga Rp20 ribu hingga Rp25 ribu dari pengepul. Apabila jumlah cacing tanah yang dipanen banyak, maka omzet yang diperoleh pun akan banyak pula. “Kalau saya jualnya Rp25 ribuan, kadang turun Rp20 ribu,” ungkapnya.

Cacing tanah asal Eropa tersebut kabarnya biasa dipakai untuk bahan pembuatan kosmetik serta pembuatan . “Kalau cacing ini kan diekspor, katanya untuk bahan pembuatan kosmetik pemutih wajah,” tutur Sukartono.

Lain lagi dengan sekelompok mahasiswa Universitas Gadjah Mada yang juga menekuni serupa. Sekelompok mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan UGM bernama Nur Ainu Sulton, Muhammad Abiyyu UA, Rahmad Syafrilianta tersebut sengaja menekuni usaha budidaya cacing tanah karena dinilai sangat menguntungkan.

Nur Ainu mengungkapkan, seekor cacing tanah dewasa bisa memproduksi 10-20 anakan tiap 10 hari. Dalam 1 tahun, maka cacing itu bisa menghasilkan 1.000 cacing anakan. Menurut pengalaman mereka, 1 kilo cacing tanah dapat berkembang jadi 6 kg cacing tanah dalam 3 bulan.

Bayangkan saja, dalam 1 periode pengembangbiakan (3 bulan) dengan indukan 20 kg cacing, didapat hasil panen mencapai 120 kg. Sedangkan harga cacing tanah per kilo sekitar Rp60 ribu. “Jika dikalkulasikan, omzet penjualan bisa mencapai Rp7,2 juta per tiga bulan,” tandasnya.

Loading...