Banyak Dipakai Pakan Ikan, Harga Cacing Sutra per Liter Mulai Puluhan Ribu Rupiah

Harga Cacing Sutra - news.kkp.go.idHarga Cacing Sutra - news.kkp.go.id

Cacing sutra termasuk hewan yang multifungsi. Hewan kecil berukuran 2-4 cm yang hidup di perairan jernih ini biasa dimanfaatkan untuk ternak dan anak . Ada juga yang memanfaatkannya sebagai bahan baku obat dan kosmetik karena cacing yang juga disebut cacing rambut ini mengandung sekitar 57-60% dan lemak antara 13-20%. Oleh sebab itu, budidaya cacing sutra dianggap cukup menguntungkan. Terlebih karena cacing sutra per liter bisa mencapai puluhan ribu .

Di sejumlah jual-beli , harga cacing sutra per 1 liter yang masih hidup (segar) berkisar antara Rp30 ribu hingga Rp58 ribuan. Sedangkan untuk cacing sutra beku harganya relatif murah, sekitar Rp8 ribu per tray. Cacing satu ini dikenal memiliki kandungan nilai gizi cukup tinggi, sehingga cocok dijadikan pakan untuk ikan air tawar seperti cupang atau sebagainya.

Menurut Ketua Pembudidaya Ikan Pintu Air, Umar Hasan, budidaya cacing sutera membuatnya berhasil meraih penghasilan hingga Rp1,4 juta per bulan. “Kami bisa mendapat penghasilan kotor Rp1,4 juta/bulan. Usaha budidaya cacing sutera ini sangat menguntungkan, karena pasarnya sudah ada yakni para pembenih ikan air tawar,” kata Umar, seperti dilansir Tabloidsinartani.

Umar menjelaskan, budidaya cacing sutra yang dilakukan dengan media nampan (tray) dapat memproduksi sekitar 96 liter cacing sutra per bulan (1 periode). Usaha budidaya cacing sutra pun tidak memerlukan modal yang besar. Investasi yang diperlukan hanya sekitar Rp4,5 juta untuk pembuatan rak kayu dan terpal kolam penampung air, serta pembudidayaan media budidaya. Prasarana budidaya tersebut dapat bertahan selama 2,5 tahun dengan penyusutan Rp150 ribu per bulan.

Usaha budidaya cacing sutra ia nilai cukup menguntungkan karena keuntungan bersih per bulan dapat mencapai Rp850 ribu. “Dengan nilai R/C ratio (Revenue per Cost ratio) sebesar 2 artinya usaha ini sangat menguntungkan,” tuturnya.

Jika semakin banyak nampan yang dipakai, maka semakin banyak pula cacing sutra yang diproduksi. Dengan demikian, keuntungan yang didapat pun semakin tinggi. Apalagi karena metode nampan yang dibutuhkan tak butuh lahan luas, sebab nampan dapat disusun ke atas (vertikal).

Loading...