Biasa Dipakai untuk Menghias Kue, Harga Butter Cream Kiloan Dipatok Variatif

Butter cream untuk menghias kue - www.iheartnaptime.net

Dalam dunia baking, ada banyak yang dapat digunakan untuk menghias , atau yang kerap juga disebut frosting. Salah satu bahan yang paling sering digunakan adalah butter cream. Bahan satu ini menyerupai , namun teras lebih manis, creamy, dan teksturnya lebih lembut. Butter cream biasanya per kemasan atau secara kiloan (curah) dengan harga variatif, tergantung mereknya.

Sebagai contoh, untuk butter cream kiloan merk Prolane ukuran kemasan 500 gram dijual dengan kisaran harga mulai Rp15 ribuan hingga Rp20 ribuan per bungkus. Butter cream curah ini siap untuk langsung dipakai atau bisa ditambahkan pewarna maupun pasta bila dibutuhkan. Selain itu, ada juga butter cream kiloan Hollman kemasan repack 250 gr yang dijual seharga Rp25.500 atau kemasan 1 kg (kilogram) seharga Rp61 ribuan. Untuk yang lebih murah ada butter cream kiloan Salsa Tutti Fruity kemasan 1/4 kg dengan harga Rp6 ribuan saja.

“Buttercream terbuat dari bahan dasar butter dan . Ada berbagai cara dalam membuat buttercream. Ada swiss meringue buttercream, Italian buttercream, dan lain-lain,” kata Pastry Chef dari House of Brooklyn, Chef Dikdik Frima Suwarto, seperti dilansir Kompas.

Butter cream sendiri rupanya terdiri dari beragam jenis. Misalnya saja simple buttercream yang merupakan campuran seperti mentega, gula bubuk, dan kadang dicampur juga dengan telur dan susu. Kemudian ada meringue buttercream yang kadang disebut sebagai Swiss atau Italian meringue buttercream, yakni variasi yang dibuat dengan mengocok gula cair panas dan air jadi berbentuk busa berwarna putih. Lalu mencampurkan mentega yang telah dilembutkan supaya terbentuk tekstur seperti meringue untuk dijadikan frosting.

Memanaskan meringue dapat membuatnya memiliki stabilitas tinggi, sehingga terasa ringan dan lembut. Ada pula French buttercream yang mempunyai rasa paling kaya namun teksturnya ringan. Pastry-cream buttercream dibuat dengan mencampur pastry cream dengan mentega. Yang terakhir ada decorator’s buttercream yang dibuat dengan vegetable shortening supaya tidak mudah mencair di suhu ruang seperti buttercream frosting pada umumnya.

Loading...