Kicauannya Merdu, Harga Prenjak Kepala Merah Dibanderol Terjangkau

Burung Prenjak Kepala Merah - (YouTube: RumahBurung)Burung Prenjak Kepala Merah - (YouTube: RumahBurung)

kicau yang bisa dipelihara di rumah sebagai hias memang ada begitu banyak. Selain -burung yang harganya mahal, ada juga beberapa burung kicau yang relatif ramah di kantong seperti ciblek hingga prenjak. Adapun prenjak di luar sana cukup beragam, misalnya prenjak lumut, prenjak gunung, prenjak putih, prenjak klawu, hingga prenjak kepala merah.

Meskipun tampilannya hampir sama dengan prenjak lumut, prenjak kepala merah memiliki ciri khas tersendiri. “Prenjak kepala merah memiliki suara yang lebih dibandingkan dengan prenjak lumut. Jika pejantan dan betina berdiri secara berdampingan, maka akan terdengar suara yang sangat unik dan akan saling sahut-menyahut antara pejantan dan betina,” demikian seperti dilansir Jitunews.

Prenjak kepala merah jantan dan betina ciri-cirinya adalah memiliki satu helai ekor panjang yang menjulang sampai bawah. Sementara itu, untuk pejantan mempunyai 2 bulu ekor tengah yang lebih panjang dan bulu dada yang warnanya gelap. Sedangkan yang betina bulu dadanya sedikit lebih terang dibanding yang jantan.

Burung prenjak kepala merah dikenal lebih mudah beradaptasi dengan sekitar dibanding prenjak lumut. Selain itu, burung kicau ini pun kabarnya lebih mudah untuk dipelihara. Prenjak kepala merah juga memiliki keunikan lain dari segi cara pembuatan sangkar. Burung imut satu ini umumnya membuat sangkar dari daun yang dibuang melingkar silinder atau tabung, kemudian memasukkan ranting kering ke dalamnya.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, burung yang berasal dari famili Cisticolidae ini cukup . Adapun burung prenjak kepala merah yang masih bakalan dengan mulai Rp30 ribu saja per ekor. Sedangkan burung prenjak kepala merah yang sudah jadi tentunya dipasarkan dengan relatif mahal, bisa mencapai sekitar Rp200 ribuan per ekor.

Perawatan burung prenjak kepala merah kabarnya tidak terlalu sulit. Hanya membutuhkan ketekunan dan kesabaran. Burung perlu secara rutin dimandikan dan dijemur di bawah sinar matahari. Kemudian tidak lupa diberi bergizi dan kandang yang layak. Burung pun perlu dilatih agar bisa berkicau dengan baik, namun jangan terlalu memaksakan supaya burung tidak stres.

Loading...