Corak Bulunya Menarik, Berapa Harga Burung Nuri Dusky?

Burung Nuri Dusky - id.pinterest.comBurung Nuri Dusky - id.pinterest.com

nuri ada bermacam-macam jenisnya dan sampai sekarang masih saja diminati untuk dipelihara oleh Indonesia. Salah satu nuri yang banyak diburu adalah nuri kelam atau dalam Bahasa Inggris disebut Dusky lory. dengan nama ilmiah Pseudeos fuscata ini kabarnya termasuk dalam ordo Bayan dan jual di cukup tinggi, bisa tembus Rp1 jutaan lebih.

Menurut penelusuran di beberapa e-commerce, harga burung nuri dusky antara Rp1,8 jutaan hingga Rp2 jutaan untuk yang sudah jinak total. Sedangkan yang masih semi-jinak, harganya relatif lebih murah, sekitar Rp650 ribuan per ekor. Namun demikian, harga burung nuri dusky di setiap tempat bisa saja berbeda-beda.

Nuri kelam sendiri memiliki corak bulu yang menarik, yakni perpaduan antara merah, kuning, jingga terang, dan semburat hitam yang mendominasi beberapa bagian tubuhnya. Sedangkan bagian paruh burung ini berwarna oranye tua dan mempunyai iris mata merah. Panjang burung nuri dusky sekitar 25 cm dengan berat antara 140-190 gram.

Burung nuri dusky kabarnya mempunyai dua fase warna. Ketika masih remaja, nuri dusky mempunyai warna tubuh yang sedikit lebih kusam serta di bagian punggung dan pantat warna kekuningan. “Iris mata di usia remaja juga tidak memilki warna yang tegas, biasanya berwarna kuning keabu-abuan,” demikian seperti dilansir dari Gardaanimalia.

Perbedaan tampilan burung nuri dusky juga terlihat pada burung jantan dan betina. Burung nuri dusky jantan biasanya mempunyai bentuk tubuh yang lebih panjang dan ramping dibanding betina yang tubuhnya pendek dan bulat. Selain itu, nuri duski betina juga tubuhnya bercorak lebih kusam dibanding yang jantan.

Burung dengan corak menarik ini mempunyai kicauan seperti pekikan yang terdengar keras dan kasar. Nuri dusky biasanya memakan jenis makanan seperti biji-bijian, nektar bunga, buah, dan juga kuncup daun. Satwa yang kabarnya dilindungi ini habitat alaminya berada di hutan dataran rendah lembap subtropis atau tropis, hutan bakau subtropis atau tropis, dan hutan pegunungan lembap subtropis atau tropis.

Loading...