Warnanya Biru Elegan, Segini Harga Lovebird Cobalt

Harga Lovebird Cobalt - sukaburung.comHarga Lovebird Cobalt - sukaburung.com

JAKARTA – Untuk para kicau mania, pasti sudah tidak asing lagi dengan lovebird. Ini adalah salah satu yang sangat , bukan cuma karena hidupnya yang lucu, namun juga warnanya yang elok. Nah, dari sekian jenis lovebird, varian cobalt yang memiliki bulu berwarna biru telur asin menjadi incaran banyak orang, karena harganya memang tidak terlalu menguras kantong.

Di beberapa jual online, burung lovebird cobalt yang masih anakan ditawarkan dengan berkisar Rp150 ribuan per ekor. Sementara, untuk yang sudah dewasa, dengan banderol rata-rata Rp300 ribu hingga Rp400 ribuan per ekor. Namun, ada pula yang melepas varian ini dengan mencapai Rp500 ribu per ekor dan di atasnya.

“Lovebird jenis ini memiliki warna dominan biru telur asin di bagian tubuhnya, sedangkan area kepala berwarna putih keabu-abuan,” tulis Merdeka.com. “Warna cantik perpaduan biru, putih, dan abu-abu kehitaman membuat burung jenis ini banyak diminati karena tampak elegan dan terlihat khas. Harga jenis loverbird ini yaitu kisaran Rp450 ribu sampai Rp700 ribuan per ekor.”

Jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, harga ‘burung cinta’ memang cenderung mengalami penurunan. Pasalnya, semakin banyak orang yang beternak varian ini, sedangkan jumlah pembeli berkurang. Merosotnya harga sangat berimbas pada . Para penangkar harus berinovasi seperti kawin silang agar bulu burung yang dihasilkan lebih unik.

“Banyak penangkar yang tidak balik modal. Bahkan, kini saya harus melunasi utang yang dibuat modal. Sebelumnya harga masih berkisar Rp500 ribu hingga Rp20 juta. (Sekarang) per ekor Rp10 ribu,” tutur Yanto, salah satu penangkar lovebird di Sumenep, dilansir Radar Madura. “Saya tidak menyangka harga akan merosot hingga mengalami banyak kerugian. Kerugian mencapai Rp1,2 miliar.”

Terlepas dari itu, bagi Anda yang hendak memelihara burung, salah satu hal utama yang wajib Anda perhatikan adalah sangkar. Pilihlah sangkar yang cocok dengan burung yang akan Anda pelihara. Jangan sampai sangkar terlalu kecil bagi burung. “Jangan sampai memelihara burung jenis murai batu dengan ekor yang panjang namun sangkarnya kecil,” ujar Purnomo, salah satu pedagang burung ocehan di Godean, Sleman.

Loading...