Punya Bulu Menarik Warna Pink, Harga Kakatua Galah di Indonesia Mahal Banget

Bulu Warna Pink Kakatua Galah - www.parrot-birds.comBulu Warna Pink Kakatua Galah - www.parrot-birds.com

kakatua terdiri dari berbagai jenis yang memiliki corak dan bentuk sangat menarik. Tak ayal jika kemudian satu ini mulai banyak dipelihara di Indonesia berkat sederet keunikannya tersebut. Salah satu jenis kakak tua yang kerap menyedot perhatian para penghobi adalah kakatua galah. satu ini juga diketahui sebagai kakatua dada-mawar atau kakatua merah-muda dan ungu. Kakatua galah biasa ditemukan dan tersebar luas di hampir semua bagian daratan Australia. Harga kakatua galah ketika sampai di Indonesia pun bisa mencapai puluhan juta rupiah per ekor.

Burung kakatua galah sendiri merupakan satwa endemik di Australia, kemudian diintroduksi ke Tasmania. Burung satu ini memiliki ciri berupa bulu berwarna pink dan abu-abu serta memiliki perilaku yang berani dan keras.

Sedangkan untuk ciri-ciri fisiknya, kakatua galah memiliki tubuh antara 34-38 cm, bulu berwarna abu-abu pucat di bagian atas kepala, sayap, dan bagian belakangnya. Kemudian pink terlihat menghiasi bulu di bagian samping kepala dan dada. Adapun kakatua galah jantan mempunyai mata berwarna cokelat gelap, sedangkan yang betina matanya merah. Kakatua galah yang masih remaja memiliki dada dan cincin mata abu-abu.

“Istilah galah merupakan derivasi kata gilaa, sebuah kata yang ditemukan pada Bahasa Yuwaalaraay dan tetangga Bahasa Aborigin,” demikian seperti dilansir dari Wikipedia. Kakatua galah kabarnya bukan jenis burung yang dilindungi karena populasinya yang masih sangat besar di Australia sana.

Akan tetapi, bagi para pencinta burung kakatua di Indonesia yang berencana memelihara kakatua galah tampaknya perlu menyiapkan kocek yang cukup besar. Pasalnya, di Tanah Air rupanya burung ini dengan harga yang relatif mahal. Menurut penelusuran di jual-beli , harga kakatua galah yang paling murah saja sekitar Rp4,5 juta per ekor. Ada juga pedagang yang menjual burung kakatua galah dengan harga mencapai lebih dari Rp20 juta per ekor. Harga kakatua galah yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak .

Loading...