Termasuk Sayur Favorit, Segini Harga Buncis 1 Kg Sekarang

Kacang buncisKacang buncis

Buncis merupakan salah satu yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia. satu ini bisa dimasak menjadi beragam jenis yang lezat. Terlebih karena buncis 1 kg di pasaran pun relatif terjangkau.

Adapun harga buncis per 1 kilogram di sejumlah situs jual beli online berkisar antara Rp12 ribu hingga Rp20 ribu. Kemudian di Induk Nusantara harga buncis dibanderol Rp15 ribu, sedangkan untuk baby buncis harganya lebih mahal, mencapai Rp32 ribu per kg.

Di pasar tradisional Kota Ambon, Maluku, sejak akhir bulan Juni 2020 lalu harga berbagai jenis sayuran terpantau mengalami kenaikan. Menurut Jubaida, pedagang sayur di Pasar Mardika, sayur wortel sekarang naik dari Rp34 ribu jadi Rp40 ribu per kg, kemudian sayur buncis juga naik dari Rp30 ribu kini menjadi Rp40 ribu per kilo. “Kedua jenis sayur ini agak berkurang stoknya, kalau sayur buncis produksi lokal memang ada, hanya saja ibu-ibu senang membeli buncis yang datang dari luar,” ujar Jubaida, seperti dilansir Bisnis.

Untuk sayur produksi petani lokal di Ambon pun kabarnya kini menggeliat naik. Misalnya saja bayam dan sawi yang masing-masing naik dari Rp5.000 jadi Rp6.000 per ikat, sedangkan sayur daun singkong, kangkung potong maupun kangkung cabut, dan melinjo, sayur paku, panjang rata-rata dijual Rp5.000 per ikat.

Sementara itu, di Kabupaten Aceh Utara harga buncis justru dilaporkan turun. “Daging ayam kampung turun sekitar 1,42 persen atau Rp54.000 per kg sehari sebelumnya Rp55.000 per kg. Sementara buncis turun per kg sebesar 10,00 persen atau Rp9.000 sebelumnya Rp10.000 per kg serta wortel turun sebesar 5,56 persen dari Rp9.000 per kg menjadi Rp8.500 per kg,” kata Kepala Seksi Pengadaan Penyaluran Barang dan Tertib Niaga, Dinas , Perindustrian Koperasi dan UKM (Disdagperinkop dan UKM) Kabupaten Aceh Utara, Armansyah.

Harga buncis per kg yang berlaku di tempat lain bisa saja berbeda-beda, tergantung dari ketersediaan barang atau penawaran pihak penjual.

Loading...