Diburu Saat Musim Panas, Segini Harga Jeruk Keprok per Kg

Harga Jeruk Keprok - www.biodiversitywarriors.orgHarga Jeruk Keprok - www.biodiversitywarriors.org

MALANG/LAMPUNG/BALI – Di kemarau, selain es, kesegaran memang banyak dicari untuk melegakan dehidrasi. Nah, dari sekian yang bikin segar, jeruk keprok menjadi salah satu yang paling diminati. Bisa disantap langsung atau diolah menjadi jus, jeruk keprok per kg juga relatif terjangkau.

Tidak sulit mendapatkan jeruk keprok karena Anda bisa membelinya di berbagai , supermarket , bahkan di jual beli online. Harganya pun ramah di kantong. Jeruk keprok Batu dan Malang sekarang ditawarkan dengan harga cuma Rp8.500 hingga Rp13 ribuan per kg, sedangkan jeruk keprok Banyuwangi dijual dengan harga berkisar Rp15 ribuan per kg.

“Tiap kilogram jeruk dari kebun saya bisa dibeli dengan harga Rp13 ribuan. Saat ini memang sedang bagus harganya,” ujar Jimy Satria, salah satu pemilik kebun jeruk keprok di Desa Gadingkulon, Dau, Malang, dilansir Kumparan. “Harga paling rendah berada di kisaran Rp8 ribu per kilogram. Jeruk keprok di sini manis semua, bisa dicicipi sendiri jeruknya, hampir nggak terasa asam sama sekali.”

Lain di Malang, lain di Bali. Di Banjar Dinas Delod Margi, Desa Sari Mekar, Buleleng, saat ini sedang dibudidayakan jeruk keprok Tejakula. Sebelumnya tidak lagi menjadi petani karena terserang penyakit CVPD, jeruk ini kembali populer berkat kegigihan petani bernama Putu Oka Sastra. Sejak 2013, ia menanam jeruk keprok Tejakula di perkebunan miliknya.

“Awalnya, bibit saya dapatkan dari Dinas Pertanian, sebanyak 200 batang, dalam kondisi terbengkalai. Namun, dengan konsep budidaya sehat, saya berhasil mengembangkan jeruk keprok ini,” kata Oka, dilansir Tribun Bali. “Kini, saya sudah memiliki sebanyak 500 pohon jeruk keprok Tejakula, dengan produksi mencapai 1,5 hingga 2 ton per tahun.”

Jeruk keprok sendiri menjadi salah satu buah yang mengalami peningkatan permintaan ketika musim kemarau. Dikatakan Hardiman, pedagang buah keliling di Lampung Selatan, permintaan buah segar yang meningkat selama musim kemarau terlihat dari buah yang dijual. Rata-rata, ia bisa menjual sekitar puluhan kilogram buah segar per hari.

“Buah melon dengan harga Rp10 ribu per kilogram, bisa saja jual sekitar 20 kilogram, sedangkan semangka juga bisa terjual 20 kilogram dengan harga Rp9 ribu per kg,” ujarnya. “Sementara, harga buah melon sekitar Rp10 ribu per kilogram, harga buah pepaya California Rp5 ribu per kg, dan harga buah jeruk keprok Banyuwangi kini Rp15 ribuan per kg.”

Loading...