Mampu Turunkan Hipertensi, Berapa Harga Buah Bit per Kg?

Ilustrasi : Buah bit - lifestyle.okezone.com

JAKARTA – Konon mengandung esensial, mineral, dan senyawa tanaman, serta rendah kalori, bit memiliki segudang untuk kesehatan . Buah ini dapat dikonsumsi untuk menurunkan hipertensi, meningkatkan kinerja fisik, hingga melancarkan sistem pencernaan. Di , buah bit ditawarkan dengan berkisar Rp15 ribu hingga Rp30 ribuan per kg, tergantung grade.

Tidak sulit menemukan buah yang satu ini. Anda bisa membelinya di sejumlah buah, tradisional, toko buah modern, bahkan situs jual beli online. Jika harga 1 kg mulai Rp15 ribuan untuk root fresh, maka harga per 500 gram berkisar Rp13 ribuan. Sementara, apabila Anda cuma membutuhkan sedikit, bisa membeli 100 gram dengan banderol sekitar Rp5 ribuan.

Mengenai manfaat buah bit, buah ini merupakan salah satu yang direkomendasikan untuk menurunkan tekanan darah tinggi alias hipertensi. Seperti diketahui, hipertensi merupakan salah satu kondisi kesehatan yang cukup sering dialami oleh masyarakat. Kondisi ini biasanya disebabkan berbagai faktor, termasuk stres dan kurang .

“Bit memang bagus untuk orang-orang yang memiliki darah tinggi karena sifatnya yang mampu melebarkan pembuluh darah. Berdasarkan sifat tersebut, berbagai uji klinis telah membuktikan efek positif bit dalam menurunkan tekanan darah,” jelas Master of Science in Nutrition and Health dari Wagening University, Belanda, Ardy Brian, dilansir Medcom. “Buah bit mengandung zat bernama nitrat yang dapat diubah menjadi nitrit oksida, yang merupakan senyawa untuk melebarkan pembuluh darah di dalam tubuh.”

Kandungan nitrat dalam buah bit juga berguna untuk meningkatkan kinerja fisik, terutama jika dikonsumsi atlet. Seperti disalin dari Kompas, nitrat dapat memengaruhi kinerja fisik dengan meningkatkan efisiensi mitokondria, yang bertanggung jawab menghasilkan energi sel tubuh. Bahkan, sebuah studi menyebut bahwa buah bit dapat meningkatkan kinerja saat bersepeda dan olahraga atletik.

Untuk sebagian orang, mengonsumsi buah bit mungkin agak kurang nyaman karena sering muncul bau seperti tanah. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, buah dapat dikukus atau direbus terlebih dahulu, kemudian bisa ditambahkan dengan garam atau gula sehingga bau tanah tidak akan terasa. “Jika memakai gula, sebaiknya pilih gula rendah atau nol kalori,” saran Ardy.

Loading...