Banyak Dijadikan Alternatif Penanganan Skoliosis, Berapa Harga Brace GBW?

Pengguna Brace - wideshut.co.ukPengguna Brace - wideshut.co.uk

Penyakit skoliosis atau kelainan tulang belakang dapat diatasi dengan operasi maupun non operasi. Namun seperti yang sudah banyak diketahui, penyembuhan scoliosis membutuhkan yang cukup besar. Beruntung sudah ditemukan metode non-operasi seperti penggunaan brace yang diklaim membantu mengembalikan susunan tulang belakang menjadi normal dalam jangka waktu pemakaian tertentu. Dibandingkan operasi, brace untuk skoliosis disebut-sebut lebih terjangkau.

“Selama ini banyak skoliosis tidak punya harapan karena mesti operasi dengan biaya mahal dan berbagai risiko. Padahal, dengan berkembangnya teknologi kini skoliosis bisa ditangani dengan terapi nonoperasi, ini termasuk baru di Indonesia,” ujar CEO Scoliosis Care Vianika Girsang di , seperti dilansir CNN Indonesia.

Sementara itu, salah seorang ahli anatomi fisiologi di Scoliosis Care Labana Simanihuruk mengungkapkan bahwa pemakaian brace relatif lebih aman dibanding metode operasi. Pasalnya, penyembuhan dengan operasi mempunyai beberapa risiko setelah pembedahan seperti luka, iritasi, hingga besi yang kemungkinan bisa mengenai kulit. “Selama usia dan kurva lengkungan masih memungkinkan tetap lebih aman dengan brace karena tidak ada efeknya,” tutur Labana.

Salah satu brace yang cukup terkenal di kalangan penderita skoliosis adalah merek GBW atau Gensingen Brace according to Dr. Weiss asal Jerman. Dibandingkan brace pada umumnya, brace GBW diklaim mampu melakukan koreksi terbaik yang bisa dicapai dengan kondisi pasien yang memiliki sudut kelengkungan 20-40°cobb. Pasalnya brace GBW dirancang asimetri dan memakai teknologi 3 dimensi.

Selain itu, brace GBW memiliki 7 bentuk yang berbeda untuk tiap pola kurva scoliosis yang ada. Brace GBW pun tergolong brace rigid, bukan soft brace. Meski demikian, dengan penekanan hanya pada satu sisi, brace GBW diklaim tak menimbulkan rasa sesak dan akan tetap nyaman dipakai oleh pasien.

Keunggulan lainnya, brace GBW termasuk brace rigid paling ringan di kelasnya dengan berat bersih antara 250-500 gram, tergantung ukuran brace dan jenis brace, apakah single kurva atau double kurva. Harga brace GBW kabarnya , berkisar di angka puluhan juta rupiah, tergantung dari kondisi skoliosis yang dialami pasien.

Loading...