Kilaunya Sempurna, Harga Blue Safir Ceylon per Carat Capai Jutaan Rupiah

Blue Safir Ceylon - (YouTube: JaRAs Jewelry)Blue Safir Ceylon - (YouTube: JaRAs Jewelry)

Safir termasuk mulia yang begitu disukai oleh banyak kalangan di dunia, tak terkecuali oleh Kerajaan Inggris. Sejak cincin safir biru milik Putri Diana digunakan oleh Kate Middleton, banyak orang yang memburu safir untuk dijadikan perhiasan serupa. Blue safir yang terkenal sendiri berasal dari Ceylon atau Sri Lanka. blue safir Ceylon per carat pun cukup , berkisar jutaan rupiah.

Berdasarkan hasil penelusuran di sejumlah jual-beli , harga blue sapphire Srilangka Ceylon top color natural 1,17 karat saja mencapai Rp1,5 juta. Sedangkan blue safir (neelam) Sri Lanka Ceylon 4,28 ct harganya mencapai lebih dari Rp22 jutaan. Luar biasa sekali bukan?

Menurut Suwanti dari Reny Feby Jewellery, safir jenis terbaik mata dapat menangkap kilauan yang terdapat di bagian yang terdalam dari safir. Batu ini memang kabarnya mempunyai kemampuan untuk memantulkan cahaya seperti cermin. Batu safir terbentuk dari korundum yang sudah mengkristal. Korundum sendiri dikenal akan daya tahan kekerasannya.

Safir mempunyai nilai kekerasan 9 Mohs, atau tepat di bawah berlian. Dengan demikian, batu mulia ini bisa bertahan lama hingga berabad-abad. Batu safir banyak ditemukan di daerah Sri Lanka, Kashmir di India, Burma, Madagaskar, Australia, dan Afrika. Menariknya lagi, tiap kawasan menghasilkan batu safir dengan karakter yang khas. Tiga safir yang paling sering ditemui antara lain biru, merah, dan kuning.

Di antara sederet kawasan tersebut, Sri Lanka digadang-gadang sebagai tempat penghasil safir biru terbaik di dunia. Kejelasan atau tingkat clarity batunya ideal dan kilaunya pun menyebar dari sebagian besar sisi safir. “Warna birunya murni,” kata Suwanti, seperti dilansir Republika.

Perawatan batu safir pun relatif mudah, cukup dengan merendam batu safir dalam sabun hangat supaya kilaunya tidak memudar. Supaya permukaannya tidak tergores, keringkan batu dengan kain pembersih perhiasan. Bahkan bisa juga jika sesekali dilakukan perawatan pembersihan ultrasonik di toko-toko perhiasan.

Safir sering diumpamakan sebagai lambang kesetiaan dan ketentraman dalam hidup. Oleh sebab itu, perhiasan berbatu safir sering diberikan di hari ulang tahun pernikahan, terutama yang ke-5 dan ke-45. Warna biru pada batu safir pun diyakini bisa menenangkan jiwa, meningkatkan konsentrasi, dan membantu pikiran untuk lebih fokus.

Loading...