Diolah Sebagai Pupuk Organik, Harga Blotong Tebu Sangat Murah

Harga Blotong Tebu - ulyadays.comHarga Blotong Tebu - ulyadays.com

SIDOARJO/MALANG/SOLO – Tidak selamanya limbah itu tidak berguna, termasuk blotong tebu. Merupakan sisa dari tebu, blotong ini dapat dimanfaatkan sebagai kompos. Dengan yang cukup murah, di tangan-tangan kreatif, limbah yang dapat diperoleh dari gula tersebut juga bisa diolah menjadi sejumlah benda penting lainnya, seperti papan partisi.

Untuk blotong tebu sebagai pupuk kompos, pengalaman Sudarsono, pria asal Desa Kludan, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo bisa menjadi rujukan menarik. Sampah organik dari kotoran sapi dan blotong tebu ia olah menjadi pupuk organik yang memiliki nilai . Memulai usaha sekitar tahun 2013 lalu, ia mengaku mampu menghasilkan pupuk organik sebanyak 1.00 ton sebulan atau setara Rp1 miliar.

“Memang awalnya coba-coba, tetapi lamban laun banyak petani yang menyukai pupuk organik daripada pupuk berbahan kimia,” ujar pria yang sebelumnya berprofesi sebagai perajin tas dan ini. “Saat itu, sekitar tahun 2013, dengan awal Rp500 juta hasil utang dari bank, saya lantas memulai usaha pengolahan pupuk organik.”

Tak cuma pupuk organik, blotong tebu ternyata juga dapat dimanfaatkan sebagai elektroda super kapasitor untuk menyimpan energi. Hal ini dibuktikan oleh sekelompok asal Universitas Negeri Malang bahwa limbah blotong, yang memiliki bau tak sedap, dapat disintesis menggunakan beberapa metode untuk mendapatkan karbon aktif sebagai elektroda super kapasitor.

Sementara itu, tiga mahasiswa asal Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo melakukan studi tentang Smart-Partisi, yakni berupa papan partisi kedap suara, tahan air dan api, serta anti-jamur. Ineke Bela Ramdani dari D3 Teknik Sipil, Jeesica Hermayanti Pratama dari S1 Kimia, dan Fajar Julian Santosa dari S1 Penyuluhan dan Pertanian membuat papan partisi dari campuran cangkang keong sawah dan blotong tebu.

“Karya hasil penelitian ini merupakan karya pertama yang belum pernah ada sebelumnya dan sedang diajukan untuk permohonan paten serta hak cipta,” tutur Ineke. “Smart-Partisi dibuat agar dapat mengurangi permasalahan lingkungan, terutama limbah cangkang keong dan blotong tebu. Selain itu, mengingat Indonesia terletak pada geografis yang rawan gempa, dibutuhkan material yang ringan untuk mengurangi risiko korban gempa.”

Jika Anda juga tertarik memanfaatkan blotong tebu seperti orang-orang tersebut. Anda bisa mendapatkan limbah ini di sejumlah pabrik pengolahan gula. Biasanya, satu truk blotong tebu dihargai Rp100 ribuan. Sementara, di beberapa situs jual beli online, 1 kg blotong tebu dijual dengan harga cuma Rp300, sedangkan harga per 9 ton berkisar Rp1,3 jutaan.

Loading...