Harga Bitcoin Turun ke Level $ 7.400, Dampak Manipulasi Pasar?

Bitcoin - nypost.comBitcoin - nypost.com

Hari ini, Sabtu (26/5) turun 0,26 persen ke level USD 7.441,44 atau sekitar Rp 105 jutaan setelah dibuka di posisi USD 7.460,69. Sepanjang hari ini, bitcoin telah bergerak pada kisaran angka USD 7.425,41 hingga USD 7.461,41 dengan pangsa sebesar USD 127 miliar. Nilai bitcoin dilaporkan telah melemah selama 2 hari terakhir sekitar USD 100.

Dilaporkan The Merkle, menurut John Navin dari Forbes, “Agar bitcoin benar-benar memasuki tren , maka nilainya harus mencapai USD 18.500. Jadi kemungkinan bitcoin akan selalu kecuali melampaui level itu.” Seperti diketahui, saat berita ini dirilis, nilai bitcoin sangat jauh dari level tersebut, terutama karena kisaran bulan Desember nilainya sangat tinggi, mencapai USD 19.000.

Lebih lanjut Navin mengatakan jika posisi support berikutnya untuk bitcoin adalah USD 6.500 yang mana itu bertahan selama awal April. Hal ini sekaligus menunjukkan bahwa bitcoin memiliki potensi untuk jatuh lebih jauh sebelum mengalami lonjakan di masa mendatang.

Bagaimanapun juga para pedagang yang paham akan hal ini merasa kurang peduli dengan pergerakan harga dan tak ingin membiarkan fluktuasi harga khas Bitcoin mempermainkan mereka. Beberapa orang menjelaskan jika harga saat ini masih sangat , terutama jika pedagang memperbesar grafik dan melihat di mana Bitcoin berada dalam gambaran yang lebih besar.

Akan tetapi ada juga dugaan lainnya yang mengarah ke manipulasi pasar. Hal ini ditengarai sebagai penyebab mengapa harga Bitcoin terus menurunkan nilainya antara USD 8.000 dan USD 10.000. Alasan lain adalah bahwa banyak yang baru masuk ke pasar bitcoin saat harganya meroket hingga USD 20.000.

Anthony Pompliano, managing partner di Full Tilt Capital, menjelaskan bahwa harga bitcoin saat ini justru sedang kembali ke kisarannya. “Saya pikir kita kembali ke kisaran pasar alami sekarang dan kita akan terus melihat pertumbuhan hingga 2018,” ujarnya, seperti dilansir Cointelegraph.

Pompliano menambahkan, bitcoin bereaksi terhadap berita positif. Seperti diketahui untuk sementara ini belum banyak berita positif yang mendukung pergerakan bitcoin. “Selain itu, saya pikir tidak ada berita positif tertentu untuk mendorong pasar bullish. Kami melihat kekhawatiran investor ritel terkait regulasi,” tandasnya.

Loading...