Tren Uang Digital Meningkat, Harga Bitcoin & Ethereum Hari Ini Kompak Naik

Harga bitcoin dan ethereum - decrypt.co

hari ini, Minggu (7/6), bergerak naik 1,08 persen ke level 9.692,89 atau sekitar Rp135,8 jutaan apabila dikonversikan dalam rupiah. BTC mengawali di angka USD9.587,85, kemudian bergerak pada rentang harga USD9.576,35 sampai USD9.736,27 dengan kapitalisasi mencapai USD178,32 miliar.

Meskipun tahun 2020 ini reli bitcoin agar terhenti, para analis percaya bahwa harga bitcoin berpotensi untuk naik. Harga bitcoin, naik lebih dari 30% sejak 1 Januari, telah berkisar $10.000 per bitcoin selama sebulan terakhir. Bitcoin dapat berlipat ganda menjadi $20.000 sebelum akhir tahun, kembali ke level tertinggi sepanjang masa 2017, menurut analis Bloomberg yang bullish.

“Dalam hal kemungkinan perubahan signifikan untuk yang terburuk, kami memperkirakan harga bitcoin akan terus menguat. Tahun ini pelonggaran bank sentral yang belum pernah terjadi sebelumnya mempercepat kematangan crypto yang pertama lahir menuju versi emas, sementara menekankan kendala kelebihan pasokan di sebagian besar pasar,” kata ahli strategi komoditas senior Bloomberg, Mike McGlone kepada Forbes.

McGlone menambahkan, langkah-langkah stimulus bank sentral yang belum pernah dilihat sebelumnya dan pelonggaran kuantitatif baru justru membantu kinerja emas dan bitcoin. McGlone juga menunjukkan kuat bitcoin dari penurunan Maret 2020 akibat -19, di bawah USD4.000. Pandemi juga dinilai mempercepat untuk menjauh dari tunai fisik dan menuju digital.

Minat beli untuk memegang Bitcoin dari institusi seperti Grayscale, kepercayaan investasi bitcoin terbesar di dunia, dan pertumbuhan minat terbuka bitcoin telah meningkatkan kematangan bitcoin dan membantu memudahkan volatilitas.

“Kedewasaan, kedalaman yang lebih besar dan lebih banyak paparan melalui futures harus terus menekan volatilitas crypto yang pertama kali lahir, jelas menjaganya agar tetap mengarah pada apresiasi harga,” terang McGlone. Tetapi, bitcoin tampaknya “melepaskan diri” dari pasar crypto lebih luas. “Kami melihat sedikit kenaikan harga [ethereum] saat pasang naik dari bitcoin,” kata McGlone.

Sementara itu, ethereum hari ini juga terpantau naik 1,47 persen jadi USD243,55 atau sekitar Rp3,4 jutaan setelah dibuka di posisi USD239,91. Sepanjang hari ini, telah diperdagangkan pada kisaran USD238,97 sampai USD244,67 dengan pangsa pasar USD27,09 miliar, demikian seperti dilansir dari CoinDesk.

Loading...