Serangan AS Terhadap Iran Dongkrak Harga Bitcoin & Ethereum

Harga bitcoin dan ethereumHarga Bitcoin dan Ethereum hari ini, Minggu (5/1) - www.cryptobitnews.co.uk

Bitcoin hari ini, Minggu (5/1) terpantau naik 1,94% menjadi USD7.452,07 atau Rp103,8 jutaan jika dikonversikan dalam setelah dibuka di level USD7.3017,17. Sepanjang hari ini, BTC diperdagangkan pada kisaran angka USD7.263,18 hingga USD7.469,23 dengan pangsa mencapai USD135,20 miliar.

Bitcoin melonjak ke level tertinggi dalam 2 pekan setelah serangan pesawat tak berawak Amerika Serikat menewaskan seorang jenderal militer , sehingga memicu spekulasi bahwa gejolak geopolitik yang meningkat dapat memacu permintaan untuk cryptocurrency pada tahun 2020. Harga aset digital melonjak 5 persen pada hari Jumat menjadi $7.300. Lonjakan yang tampaknya mengikuti kenaikan harga dan , mendorong bitcoin ke wilayah positif untuk year-to-date, sekarang naik 2,2 persen.

Mati Greenspan, pendiri firma riset yang berfokus pada cryptocurrency, Quantum Economics, mencatat bahwa serangan menaikkan harga emas, secara tradisional dipandang sebagai aset safe-haven yang nilainya diperkirakan akan bertahan di saat ketidakstabilan geopolitik atau ekonomi. Banyak investor berspekulasi bahwa bitcoin memiliki kesamaan dengan emas, dalam hal resistensi yang dirasakan terhadap inflasi.

Pertimbangan lain adalah apakah ketegangan yang meningkat dapat memacu permintaan bitcoin di antara warga Iran, yang telah menunjukkan minat terhadap kripto dalam beberapa tahun terakhir karena ekonomi Timur Tengah menghadapi sejumlah sanksi yang diperintahkan oleh pemerintahan Presiden AS .

“Iran telah lama dilihat sebagai salah satu sarang untuk adopsi bitcoin karena sanksi AS atas transfer uang yang berasal dari itu, belum lagi ekonomi yang sangat tidak stabil,” kata Greenspan, seperti dilansir Coindesk.

Sementara itu, juga menguat 2,12% ke posisi USD135,86 atau Rp1,9 jutaan setelah dibuka di level USD132. Pada perdagangan hari ini, telah bergerak di rentang angka USD132,33 hingga USD135,86 dengan kapitalisasi pasar USD14,83 miliar.

Harga ethereum dinilai tetap stagnan meski dari sisi fundamental terus berkembang. Salah satu faktor yang secara mengejutkan tidak memiliki dampak besar pada tindakan harga cryptocurrency adalah booming tren DeFi, yang mengharuskan pengguna mengunci kepemilikan ETH mereka pada platform pinjaman dengan imbalan pembayaran bunga yang menarik.

Nicholas Merten, cryptocurrency populer YouTuber yang dikenal sebagai DataDash, mengungkapkan lewat Twitter belum lama ini bahwa ia percaya fundamental ETH yang kuat ditambah dengan harga yang rendah menjadikan saat ini adalah peluang pembelian yang bagus untuk ethereum.

Loading...