Bitcoin & Ethereum Kompak Melemah, Kontrak Berjangka Bakkt Dianggap Gagal

Bitcoin dan ethereumBitcoin dan ethereum melemah - bitnewsbot.com

hari ini, Minggu (29/9), terlempar 0,147 persen ke level 8.158,22 atau sekitar Rp115,8 jutaan setelah dibuka pada posisi 8.173,92. Sepanjang hari ini BTC telah diperdagangkan pada kisaran angka 7.723,69 hingga 8.321,16 dengan pangsa mencapai 146,51 miliar.

Pada hari Senin pekan ini Bakkt telah menjalankan sesi sehari penuh pertama untuk kontrak berjangka Bitcoin yang bisa dikirimkan secara fisik. Alat investasi yang diharapkan bisa menjadi katalis yang membawa BTC ke level tinggi baru itu tampaknya gagal. Hal ini terlihat dari volumenya yang kurang dari USD1 juta pada Senin (23/9) lalu. Sejak itu banyak yang mempertanyakan kelayakan narasi kelembagaan dan juga masa depan bitcoin.

Akan tetapi, Lou Kerner, mitra di dana Crypto Oracle dan mantan analis Goldman Sachs menyatakan bahwa ini bukan masalahnya. “Bitcoin tidak membutuhkan institusi untuk berhasil dan melejit lebih tinggi, dengan alasan fakta bahwa sebagian besar pertumbuhan aset telah berbasis ritel. Institusi akan menjadi pengikut di pasar ini, bukan perintis,” kata Kerner, seperti dilansir Newsbtc.

, mengutip data dari analitik blockchain TokenAnalyst, baru-baru ini menulis bahwa lebih sedikit ritel yang terlibat dalam reli bitcoin tahun ini (dari USD3.500 menjadi USD14.000) daripada pada 2017. Data menunjukkan bahwa jumlah alamat yang menggunakan Bitfinex telah mencapai level terendah dua tahun; Binance telah melihat BTC yang masuk jatuh ke level awal-2018.

“[Rendahnya jumlah transaksi masuk menunjukkan] kurangnya minat ritel pada umumnya saat ini di crypto. Jika kita menggunakan ‘Bitcoin sebagai tempat berlindung di saat resesi’, jumlah pengguna/pembeli baru seharusnya benar-benar meningkat,” imbuh Sid Shekhar, salah satu pendiri TokenAnalyst.

Sementara itu, ethereum juga bergeser dari level USD180 dengan pelemahan sebesar 1,78% ke posisi USD171,86 atau sekitar Rp2,4 jutaan setelah mengawali perdagangan di angka USD174.91. Hari ini telah bergerak di rentang USD168,53 hingga USD175,40 dengan kapitalisasi pasar USD18,54 miliar.

Analis sekarang mencatat bahwa Ethereum dapat menimbulkan kenaikan besar-besaran di masa depan, meskipun analis lain juga menjelaskan bahwa ETH dapat memperpanjang momentum penurunan baru-baru ini dalam jangka pendek.

Loading...