Bitcoin Mencuat Usai “Kode” dari Elon Musk, Ethereum Sedikit Melorot ke Level $1.300

Ilustrasi: mata uang kriptoIlustrasi: mata uang kripto

hari ini, Minggu (31/1), naik tipis sebesar 0,22% ke posisi USD34.101,25 atau sekitar Rp478,4 jutaan apabila dikonversikan dalam . BTC mengawali di level USD34.038,43 dan kemudian bergerak pada kisaran angka USD32.865,88 sampai USD34.793,45 dengan kapitalisasi mencapai USD634,76 miliar.

Para analis percaya bahwa pernyataan untuk crypto mendorong harga bitcoin naik pada saat pertukaran terdesentralisasi mengalami jumlah volume perdagangan yang mencapai rekor di jaringan Ethereum. Namun, biaya yang berlebihan dapat mengurangi hal itu.

“Logo ‘bitcoin’ Elon yang ditambahkan ke umpan Twitter-nya mendorong pasar untuk melakukan langkah agresif yang lebih tinggi,” kata Chris Thomas, kepala aset untuk Swissquote Bank pada CoinDesk. “Komentarnya memicu buy stop loss yang sangat besar di Binance dan kemungkinan bursa Asia lainnya karena pedagang dengan leverage harus menutup posisi pendek mereka.”

Memang, total likuidasi di seluruh pasar kripto selama 24 jam terakhir adalah yang tertinggi dalam tiga bulan, lebih dari $850 juta di sisi pendek, menurut aggregator Bybt. Likuidasi adalah kripto yang setara dengan margin call: Ketika posisi pedagang leverage bergerak melawan harga, itu dibeli atau secara otomatis untuk mulai menghapus potensi kewajiban.

Sebelum aksi Musk, pasar crypto memang cenderung lesu. “Investor fokus pada peristiwa besar lainnya seperti pendapatan dan [Federal Reserve],” kata David Russell, wakil intelijen pasar untuk platform perdagangan TradeStation. “Mereka akan kembali ke crypto terlepas dari tren adopsi institusional, tetapi Musk menyalakan api di bawah kaki mereka.”

Sementara itu, ethereum sedikit tergelincir sebesar 0,27% menjadi USD1.366,51 atau sekitar Rp19 jutaan usai dibuka pada level USD1.370,15. Dalam kurun waktu 24 jam ini, ETH diperdagangkan pada rentang harga USD1.327,22 sampai USD1.391,44 dengan pangsa pasar senilai USD156,51 miliar.

Crypto sekarang berada dalam fase konsolidasi yang tidak berbuat banyak untuk memberikan wawasan ke mana trennya di jangka menengah. Seorang pedagang menjelaskan dalam tweet baru-baru ini bahwa Ethereum dapat bersiap untuk dorongan besar yang lebih tinggi mirip dengan yang terlihat oleh crypto pada bulan November sebelum meledak ke wilayah $1.000+. Ia juga mencatat bahwa aktivitas pembelian pada setiap penurunan mengindikasikan bahwa penawaran untuk ETH cukup kuat.

Loading...