Bitcoin Bertengger di $55K, Pasar Perdebatkan Pembaruan Uniswap untuk Ethereum

Harga bitcoin dan ethereumHarga bitcoin dan ethereum hari ini, Minggu (28/3) - www.bworldonline.com

Harga hari ini, Minggu (28/3), terpantau naik 1,91% menjadi 55.883,21 atau sekitar Rp806 jutaan menurut data dari CoinDesk. BTC mengawali di posisi 54.807,73, kemudian bergerak pada rentang angka 53.987,90 sampai 56.625,95 dengan kapitalisasi pasar mencapai 1,04 triliun.

Dengan berakhirnya Maret, seorang analis mengatakan bitcoin harus mendapatkan “penarik yang bagus” karena dana lindung nilai menyeimbangkan kembali untuk triwulanan atau untuk mengelola risiko. “Baik bitcoin dan S&P 500 telah mencapai level tertinggi baru sepanjang masa setiap bulan sejak Desember,” ujar Sean Rooney, kepala di Valkyrie Funds pada CoinDesk.

Momentum kenaikan seperti itu bisa dibatasi. Indikator teknis yang dilacak secara luas, indeks kekuatan relatif bulanan (RSI), menandakan bitcoin mendekati level overbought yang ekstrem. “Bacaan RSI pada grafik bulanan diperdagangkan pada level yang sangat tinggi,” beber Joel Kruger, ahli strategi cryptocurrency di LMAX Digital. “Ini menunjukkan pasar akan melihat sisi atas terbatas untuk saat ini, dengan risiko koreksi dan konsolidasi.”

Sementara itu, harga hari ini juga menguat 0,83% ke posisi USD1.711,20 atau sekitar Rp25 jutaan setelah dibuka di level USD1.697,59. Dalam kurun waktu 24 jam, kripto terpopuler kedua di diperdagangkan pada kisaran USD1.667,26 hingga USD1.732,33 dengan pangsa pasar senilai USD197,11 miliar.

Karena harga Ether terus bergerak seiring dengan bitcoin, obrolan pasar berpusat pada Uniswap versi 3, yang diluncurkan awal minggu ini. Uniswap, bursa terdesentralisasi (DEX) terkemuka di ethereum, mengumumkan peningkatan lain yang akan diluncurkan pada 5 Mei 2021. Uniswap v3, menurut perusahaan di balik platform tersebut, akan memperkenalkan perubahan penting yang disebut “likuiditas terkonsentrasi”.

Meskipun fitur baru ini seharusnya memberi penyedia likuiditas (LP) lebih banyak kendali atas kisaran harga di mana mereka menyediakan modal, ada kritik bahwa perubahan tersebut mungkin memudahkan penyedia likuiditas ritel kehilangan , karena kurangnya pengalaman.

Pesan campuran dan kerumitan yang dikirim oleh Uniswap v3 dapat merusak harga eter, menurut Denis Vinokourov, kepala penelitian untuk Trade The Chain. Dia menunjukkan bahwa keuangan terdesentralisasi (DeFi) secara keseluruhan adalah penting untuk blockchain Ethereum.

“Uniswap memiliki lebih banyak token yang terdaftar daripada SushiSwap dan ini adalah jalan masuk untuk bootstrap likuiditas,” kata Vinokourov. “Jika ini berubah, dan tidak ada pasar untuk mereka, eter yang seharusnya dikunci karena alasan LP harus diserap entah bagaimana. Tapi berapa harganya?” tandasnya.

Loading...