Kehilangan Tenaga, Harga Bitcoin & Ethereum Melorot di Tengah Kondisi Overbought

Harga bitcoin dan ethereumHarga bitcoin dan ethereum hari ini, Minggu (21/3) - selular.id

Harga hari ini, Minggu (21/3), terpantau turun 1,43% jadi USD57.823,06 atau sekitar Rp831 jutaan apabila dikonversikan dalam rupiah. BTC mengawali hari ini di posisi USD58.731,90, kemudian bergerak pada kisaran angka USD57.783,45 hingga USD59.919,21 dengan pangsa mencapai USD1,08 triliun.

Harga Bitcoin berjuang untuk mendorong lebih tinggi setelah sempat menyentuh $59.000 ketika pasar dibuka di Amerika Serikat pada hari Jumat. Investor terus memantau potensi kejatuhan dari imbal hasil Treasury AS, yang beberapa analis memperingatkan dapat menyebabkan koreksi pada berisiko dari bitcoin hingga saham.

Yield Treasury 10-tahun naik setinggi 1,74% pada hari Jumat, tertinggi sejak Januari 2020, setelah Federal Reserve mengisyaratkan pada hari Rabu akan mempertahankan kebijakan moneter yang longgar di masa mendatang.

“Jika kita terus melihat pasar obligasi AS mempertanyakan panduan ke depan Fed, itu dapat menyebabkan lebih banyak tekanan penurunan dalam aset berisiko dan mulai membebani bitcoin,” ucap Joel Kruger, ahli strategi cryptocurrency di LMAX Digital pada CoinDesk. “Kami pikir ini adalah risiko yang patut dipertimbangkan, terutama dengan bitcoin yang sudah bergerak sangat jauh dan cepat pada tahun 2021 sejauh ini.”

Grafik harga juga mengirimkan sinyal bahwa cryptocurrency tertua mungkin kehilangan tenaga, dengan pola yang muncul yang menunjukkan pasar mencapai kondisi overbought, menurut analis dengan Cryptowatch, sebuah unit dari bursa cryptocurrency Kraken.

Penegasan kembali The Fed atas janjinya untuk menjaga kebijakan moneter longgar secara teoritis akan menguntungkan harga bitcoin dalam jangka pendek. Semakin banyak investor yang bertaruh bitcoin mungkin bertindak sebagai lindung nilai terhadap . Banyak ekonom Wall Street memperkirakan akan meningkat setelah lebih banyak orang mulai keluar dan memacu pemulihan ekonomi berkat virus . Tetapi kenaikan imbal hasil obligasi Treasury AS dapat menciptakan tekanan jual ekstra untuk bitcoin bersama dengan aset berisiko tradisional.

Sementara itu, harga ethereum hari ini juga melorot 2,56% ke level USD1.785,29 atau sekitar Rp26 jutaan setelah dibuka di angka USD1.833,45. Dalam kurun waktu 24 jam, diperdagangkan di rentang angka USD1.781,66 sampai USD1.870,08 dengan kapitalisasi pasar senilai USD205,60 miliar.

Koin alternatif (altcoin) cenderung melihat lebih banyak aksi harga setelah bitcoin mencatat rekor harga tertinggi baru. Itu terjadi karena beberapa pedagang dan investor mencoba untuk merotasi menjadi altcoin ketika bitcoin tidak muncul, untuk mengejar potensi pengembalian yang lebih tinggi.

Loading...