Pasca Halving, Harga Bitcoin & Ethereum Kompak Melonjak

Koin kripto Bitcoin & EthereumKoin kripto Bitcoin & Ethereum

hari ini, Minggu (17/5), menguat 0,910% ke USD9.533,46 atau sekitar Rp141,8 jutaan apabila dikonversikan dalam , setelah dibuka pada posisi USD9.443,50. Sepanjang hari ini, BTC telah diperdagangkan pada kisaran angka USD9.265,03 sampai USD9.583,06 dengan kapitalisasi mencapai USD175,22 miliar.

Kenaikan harga Bitcoin yang stabil selama beberapa hari terakhir berakhir pada hari Jumat. Dengan halving yang telah terjadi pada (12/5) lalu, pedagang dapat mempertimbangkan dampak dari perlambatan yang berkelanjutan setelah data baru menunjukkan penjualan ritel Amerika Serikat turun ke rekor terendah dan angka pengangguran terus memburuk.

Bitcoin telah mengalami kenaikan stabil sejak 13 Mei, namun tersandung di awal perdagangan pukul 02:00 UTC Jumat, dengan cepat turun 5%. Sejak itu, bitcoin mengambil kembali beberapa kenaikan tetapi terus berada dalam tren penurunan. “Peristiwa di luar jauh lebih mungkin berdampak pada harga bitcoin, seperti kemungkinan kehancuran ekonomi karena -19,” kata Alessandro Andreotti, pedagang cryptocurrency Italia, seperti dilansir dari CoinDesk.

Ketidakpastian masih ada dalam ekuitas di tengah pandemi coronavirus, dan pasar saham berkinerja buruk minggu ini pada prospek ekonomi yang suram. Data mengonfirmasi bahwa penurunan penjualan ritel sebesar 16,4% pada bulan April, terburuk sejak 1992, dan pengangguran AS mengklaim lebih dari 36 juta pada periode yang sama.

Namun, tidak semua aset tradisional berkinerja buruk. “Emas dan perak terlihat kuat,” kata Rupert Douglas, kepala penjualan institusional di manajer aset Koine. Emas naik 2,8% untuk minggu ini. “Saya pikir bitcoin juga akan kuat,” tambah Douglas.

Andreotti, pedagang over-the-counter, mengatakan bahwa meskipun ada kekhawatiran tentang gangguan ekonomi, ia melihat tren kenaikan untuk bitcoin segera kembali. “Saya pikir itu akan mempertahankan permintaan yang sama. Harga mungkin naik sedikit, sekitar kisaran $10.000,” ucapnya.

Sementara itu, ethereum saat ini juga naik 1,58% menjadi USD202,12 atau sekitar Rp3 jutaan setelah mengawali perdagangan di level USD198,86. Selama kurun waktu 24 jam, ETH telah bergerak di rentang angka USD197,87 hingga USD203,24 dengan pangsa pasar mencapai USD22,43 miliar.

Hal yang sama mungkin telah diharapkan di Ethereum (ETH), tetapi bertentangan dengan ekspektasi. Kepemilikan bursa berada pada titik tertinggi sepanjang masa yang mencerminkan kepercayaan investor terhadap proyek terlepas dari hambatan teknis yang pada akhirnya dapat menunda peluncuran ETH 2.0 di masa mendatang.

Loading...