Harga Bisa Sampai Ratusan Ribu Rupiah, Pasar Katak Lembu Masih Terbuka Luas

Katak Lembu - www.bebeja.comKatak Lembu - www.bebeja.com

Katak lembu alias bullfrog rupanya termasuk yang sebenarnya cukup menguntungkan jika dibudidayakan. Kodok satu ini memiliki yang lebih besar dibandingkan katak pada umumnya. Oleh sebab itu dinamai katak lembu karena tubuhnya yang memang berukuran terbilang jumbo. katak lembu juga relatif mahal. Untuk yang ukuran masih kecebong harganya mulai Rp 2 ribuan per ekor.

Walaupun bagi sebagian orang mungkin terkesan menjijikkan atau bahkan mengerikan, rupanya permintaan terhadap katak lembu cukup besar, apalagi untuk permintaan dari luar negeri. Terlebih karena masih belum banyak orang yang membudidayakan dari keluarga amfibi tersebut. “Kalau musim kemarau, harganya bisa lebih mahal,” kata Kurniawan, salah satu pembudidaya bullfrog asal Sragen, Jawa Tengah, seperti dilansir Kompas.

Harga katak yang memiliki nama Latin Rana catesbeiana saat memasuki usia 5-7 bulan atau sudah siap untuk dikonsumsi sekitar Rp 50 ribuan per kilogram (kg) dengan isi 2-3 ekor katak lembu. Sedangkan untuk indukan bullfrog harganya lebih ‘maut’ lagi, bisa mencapai Rp 400 ribuan sepasang. Permintaan paling besar untuk katak lembu biasanya berasal dari kuliner atau perhotelan yang menjual swike.

Pembudidaya lain asal Durungan, Wates, Kulonprogo bernama Ramli Samosir mengaku meraup keuntungan hingga lebih dari Rp 7 juta dari berbudidaya katak lembu. Sebagian pembeli menurutnya justru lebih memilih membeli kecebong atau precil untuk diternakkan. Budidaya atau pemeliharaan katak bullfrog pun kabarnya cukup mudah.

Katak-katak tersebut cukup diletakkan dalam yang diberi tutup jaring supaya tak melompat ke luar. Setiap hari katak ini bisa diberi pakan dua kali menggunakan pelet, yakni pakan untuk ikan. Namun bentuk dan ukuran pakannya bisa disesuaikan dengan ukuran sang katak. Kemudian, supaya katak tetap sehat, air harus sering diganti sekitar 3-7 hari sekali. Apabila airnya semakin bersih, maka katak pun akan semakin sehat dan tumbuh dengan cepat. “Katak ini bisa dimasak dalam berbagai , kulit katak juga untuk kerupuk rambak sangat gurih,” ujar Ramli.

Loading...