Harga Bisa Capai Jutaan Rupiah, Memutihkan Gigi dengan Veneer Diklaim Lebih Awet

Memutihkan Gigi - www.thehealthjournals.comMemutihkan Gigi - www.thehealthjournals.com

untuk memutihkan memang ada bermacam-macam, bisa menggunakan metode whitening alias bleaching, bisa juga dengan langkah veneer. Dibandingkan bleaching, memutihkan dengan veneer memang relatif lebih mahal. Selain bisa untuk membuat lebih putih, veneer juga memungkinkan untuk membentuk giginya menjadi lebih rapi atau bahkan membuat kelinci seperti yang sedang tren di kalangan artis saat ini.

Veneer sendiri adalah tindakan untuk memperbaiki serta bentuk gigi dengan cara mengasah permukaan email untuk kemudian ditempelkan pada pelapis tipis berbahan komposit atau porselen. Dengan demikian, dan bentuk gigi bisa diubah sesuai keinginan sang pasien. Prosedur veneer ada 2, yakni direct dan indirect. Untuk direct veneer biasanya dapat langsung dikerjakan tanpa harus mengirimnya ke gigi, sedangkan indirect veneer membutuhkan proses yang lebih detail.

Dibandingkan bleaching, hasil dari veneer rupanya lebih tahan lama. “Soalnya, giginya dilapis atau ditempel composite. Jadi, hasilnya lebih awet dan nggak terpengaruh makanan,” ungkap drg Amelia Tanjung SpKG seperti dilansir Jawa Pos.

Warna yang ditawarkan untuk veneer pun bermacam-macam, ada yang sesuai dengan warna alami gigi, namun ada juga yang sangat putih hingga tak terlihat natural. Warna veneer gigi ini rupanya tergantung material composite yang digunakan. “Ada yang mengandung batu mulia zircon. Hasil veneer-nya putih banget dengan pendar cenderung biru atau ungu,” jelasnya.

Harga atau biaya menjalani veneer biasanya juga sangat bervariasi, tergantung di klinik mana melakukannya. Sebagai referensi, di Jakarta ada yang memasang veneer sekitar Rp 1,5 juta per gigi, namun jika sedang diskon harganya bisa dipotong menjadi Rp 500 ribuan saja per gigi. Kemudian ada juga yang mematok biaya Rp 950 ribu per gigi untuk veneer direct, sedangkan per 2 gigi jadi Rp 1,8 juta. Kemudian veneer porcelain Rp 3,7 juta per gigi dan untuk 2 gigi menjadi Rp 7 juta. Selain di Jakarta, klinik di -kota lain seperti Surabaya, Tangerang, Bandung, hingga Medan juga sudah banyak yang menyediakan veneer gigi.

Loading...