Banyak Manfaat untuk Bumil, Berapa Harga Birthing Ball?

Ilustrasi : Ibu hamil menggunakan birthing ball untuk olahraga - ibu.sehati.info

JAKARTA – bukan menjadi alasan untuk Anda malas berolahraga. Banyak yang dapat Anda lakukan ketika sedang mengandung, salah satunya menggunakan birthing ball. Diklaim memiliki banyak , seperti membantu meredakan nyeri punggung hingga meningkatkan aliran darah ke rahim, bola ini dapat Anda beli dengan harga berkisar puluhan ribu hingga ratusan ribu .

Tidak susah mencari birthing ball karena Anda bisa membeli alat ini di berbagai toko perlengkapan olahraga dan situs beli . Harganya bervariasi, tergantung , merk, dan bola. Ada yang menjualnya dengan banderol Rp66 ribuan berdiameter 66 cm, ada juga yang dijual dengan harga Rp142 ribuan. Alternatif lainnya, ada merk Speed diameter 65 cm dengan harga Rp180 ribuan.

“Duduk di birthing ball akan membantu Anda untuk menjaga tulang belakang tetap nyaman dan sehat, serta mempercepat turunnya kepala bayi ke panggul,” tulis Bidan Kita Shop dalam situs resminya. “Bola ini dapat digunakan pada umur 32 minggu dengan catatan posisi kepala sudah di bawah. Untuk gym ball 65 cm, digunakan pengguna dengan tinggi tubuh di bawah 160 cm.”

Sementara itu, The Asian Parent Indonesia menuliskan bahwa dengan rajin olahraga menggunakan bola yoga, maka keluhan-keluhan yang dialami saat hamil bisa diminimalkan. Manfaat yang bisa peroleh antara lain membantu mengurangi sakit punggung, meningkatkan aliran darah ke bagian rahim, postur tubuh akan menjadi lebih baik, mengurangi rasa tegang otot, serta memperbesar diameter panggul yang berfungsi mengoptimalkan proses persalinan.

Ada beragam cara yang dapat dicoba wanita hamil jika ingin berolahraga dengan bola yoga ini. Duduk mengangkang di atas bola dan goyangkan panggul dari satu sisi ke sisi yang lain secara bolak-balik atau bersandar pada bola dengan posisi tubuh berlutut di lantai. Bisa pula dengan berdiri serta mencondongkan badan ke bola, bola bisa diletakkan di atas meja atau alas lainnya.

Loading...