Cocok untuk Oleh-Oleh, Harga Bika Ambon Ati Medan Dipatok Terjangkau

Bika Ambon Ati Medan - id.wikipedia.orgBika Ambon Ati Medan - id.wikipedia.org

Hampir setiap masyarakat tampaknya sudah tidak begitu asing dengan bernama bika ambon. Meski namanya mengandung unsur “Ambon” nyatanya ini lebih dikenal sebagai oleh-oleh , Sumatera Utara. Tak heran jika kemudian di ada banyak oleh-oleh bika ambon yang lezat, salah satunya Bika Ambon Ati yang terletak di Jalan Mojopahit No. 11J, Petisah Tengah, . Bika Ambon Ati variatif, tergantung variannya.

Sebagai informasi, harga Bika Ambon Ati Original ½ loyang dipatok Rp30 ribu, sedangkan bika ambon original dan pandan 1 loyang harganya masing-masing Rp60 ribu. Tak hanya bika ambon, ada juga menu seperti lapis legit yang harganya Rp100 ribu per loyang atau Rp50 ribu untuk ½ porsi, kemudian bolu gulung seharga Rp60 ribu, hingga sirup markisa dengan harga Rp100 ribu.

Nah, sampai saat ini mungkin masih banyak yang penasaran mengapa kue yang legit ini dinamai bika ambon? Rupanya nama bika terinspirasi dari kue khas Melayu yang bernama bika atau bingka. Lalu kue itu dimodifikasi dengan menambah pengembang dari nira atau tuak enau supaya berongga dan berbeda dari kue bika atau bingka khas Melayu.

“Kue ini disebut Bika Ambon karena pertama kali dan popular di samping di Jalan Ambon, Sei Kera Medan,” kata seorang budayawan dan sejarahwan, M Muhar Omtatok, seperti dilansir Indozone. Penyebutan bika ambon muncul dari kebiasaan masyarakat yang dulunya baru mengenal bika yang dibuat di kawasan Jalan Ambon tersebut. Akhirnya sampai sekarang kue itu disebut bika ambon.

Tetapi, ada juga orang yang mengatakan bahwa bika ambon berasal dari seorang warga Ambon yang merantau ke Malaysia dengan membawa kue bika. Usai tahu bahwa kue itu rasanya enak, orang itu tak kembali lagi ke Ambon, tetapi menetap di Medan. Alhasil sejak berpuluh-puluh tahun silam bika ambon jadi begitu terkenal di Medan.

Di Medan sendiri sosok Bika Ambon Ati disebut-sebut sebagai salah toko yang legendaris dan banyak direkomendasikan. “Dulu Bika Ambon Ati ini jadi favorit. bikanya tetap enak sampai saat ini. Salah satu bika yang bisa jadi pilihan di Medan,” kata salah satu pengunjung.

Loading...