Bisa Hasilkan Yoghurt dalam Jumlah Banyak, Berapa Harga Bibit Yoghurt Cair?

Yoghurt (sumber: rd.com)Yoghurt (sumber: rd.com)

Yoghurt sudah lama dikenal sebagai yang mengandung bakteri baik untuk tubuh, khususnya pencernaan. Di pasaran pun sudah ada beragam yogurt siap minum dalam aneka rasa maupun yang tawar (plain) untuk sehari-hari. Bahkan, jika ingin lebih hemat pun Anda bisa membuat yogurt sendiri dengan memanfaatkan yoghurt dalam wujud bubuk atau . Adapun bibit yoghurt (basah) berkisar mulai Rp10 ribu per 50 gram, sedangkan bibit yoghurt bubuk harganya Rp75 ribu isi 20 gram.

Dalam bibit yoghurt starter biasanya mengandung beberapa jenis bakteri baik untuk tubuh, yakni Lactobacillus acidophilus, L bulgaricus, dan Streptococcus thermophilus. Yoghurt yang terbuat dari ini memiliki rasa asam dan memiliki kandungan yang dikenal baik untuk imunitas tubuh. Dengan menggunakan bibit yoghurt, baik cair maupun bubuk, kita bisa membuat yoghurt sendiri dalam jumlah banyak bahkan hingga beratus-ratus atau ribuan liter yoghurt. Hemat sekali bukan?

Menurut Dokter Spesialis Gizi Klinis, dr. Agustinus Irawan Harimawan, MPH, Sp GK, dalam yoghurt mengandung probiotik atau bakteri baik yang bisa membantu sistem pencernaan. “Prebiotik yang merupakan makanan flora normal usus yang sangat penting menjaga integritas usus dan menyeimbangkan antara flora normal yang jahat dan baik,” kata dr Agus, seperti dilansir Tribunnews.

Yogurt pun disebut mengandung dan karbohidrat sederhana yang diperoleh dari gula yang ada dalam yogurt. “Dari gulanya bisa jadi sumber energi bagi kita untuk melakukan aktivitas kita atau sel kita yang butuh sekali kalori untuk aktivitas,” bebernya.

Meskipun mengandung probiotik dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, tetapi dr Agus memperingatkan supaya konsumsi yoghurt tetap sesuai batasan dan jangan sampai berlebihan. Kalori yang dikonsumsi secara berlebihan justru dapat berbahaya untuk tubuh dan menurunkan imunitas tubuh.

“Rasa yogurt yang cukup enak jangan sampai bikin kebablasan karena kalori yang masuk lebih banyak dibanding yang kita keluarkan akan menumpuk dan membuat sistem imun jadi , waspadai jumlah yang dikonsumsi,” tutup dr Agus.

Loading...