Perawatan Mudah, Berapa Harga Bibit Sapi Simental?

Sapi Simental - en.wikipedia.orgSapi Simental - en.wikipedia.org

JAKARTA – Bagi mereka yang ingin beternak sapi, ada banyak yang dapat dipilih, termasuk sapi simental. Ini adalah sapi yang punya pertambahan bobot yang cepat, bahkan bisa mencapai angka 1 ton ketika telah dewasa. Dengan harga yang ‘hanya’ jutaan hingga belasan juta , ketika sudah dewasa, sapi ini dapat kembali dengan harga mencapai puluhan juta rupiah.

Menurut penjelasan Irma Hamdani, yang berdomisili di Desa Kalierang, Kecamatan Bumiayu, Brebes, memelihara sapi jenis simental sebenarnya tidak terlalu sulit. Namun, karena porsi makan yang lebih banyak, memang lebih mahal dibandingkan sapi lokal. “Biaya pakan dua kali lipat dari sapi lokal, belum untuk vitaminnya,” ujar Irma seperti dilansir Pantura Post.

“Sapi simental, dan juga limosin, cukup diberi makan fermentasi. Pakan fermentasi ini bisa dibuat dari sisa panen padi dengan mengambil batang padi, lalu difermentasi dengan menyemprotkan cairan gula dan taburan bekatul, yang ditambah cairan kimia buatan,” sambung Irma. “Tambahkan konsentrat sebagai proses penggemukan sapi.”

Hal senada diungkapkan oleh Imron, warga Sumberrejo, Banyuwangi, yang mengaku harus mengeluarkan biaya setidaknya Rp50 ribu per hari untuk merawat satu ekor sapi simental miliknya. Biaya tersebut sudah termasuk untuk perawatan, kebersihan kandang, dan juga pakan. “Enggak pakai -obatan, hanya ampas tahu per hari tiga ember besar, katul gandum, kulit kedelai, dan sari kedelai,” tutur Imron, dikutip dari Kompas.

Saat sudah dewasa, sapi simental dapat dijual dengan harga mencapai puluhan juta rupiah. Di sejumlah situs jual beli , sapi simental dewasa dengan bobot 250 kg ditawarkan dengan harga Rp19 jutaan per ekor, sedangkan berat 300 kg dijual Rp20,75 jutaan per ekor. Sementara, jika bobot mencapai 600 kg lebih (sapi super), harganya bisa menyentuh angka Rp48 juta hingga Rp65 jutaan per ekor.

Nah, apabila Anda juga tertarik memelihara sapi simental ini, Anda bisa membeli bibit atau anakan di sejumlah pasar . Satu ekor bibit sapi simental sekarang ditawarkan dengan harga berkisar Rp8 juta hingga Rp15 jutaan per ekor. Namun, apabila permintaan sedang sepi, harganya bisa turun sekitar 10 persen dari harga normal.

Loading...