Harga Bibit Mulai Rp 50 Ribuan, Durian Bhineka Bawor Pak Sarno Dikenal Punya Rasa Istimewa

Durian Bhineka Bawor - www.beritasatu.comDurian Bhineka Bawor - www.beritasatu.com

Jenis durian yang beredar di Indonesia sangat beragam, mulai dari durian monthong, durian petruk, hingga yang belakangan cukup adalah durian bhinneka bawor hasil budidaya Sarno Ahmad Darsono asal Desa Alas Malang, Kecamatan Kemranjen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Durian bhinneka bawor Pak Sarno ini banyak disukai oleh pengunjung dari berbagai daerah karena memiliki ciri tersendiri.

Pak Sarno mengaku sengaja membudidayakan durian bhinneka bawor untuk menyaingi durian montong asal Thailand. Sejak tahun 1996 ia melakukan rekayasa pembudidayaan buah durian dengan teknik yang diberi nama sarakapita, sehingga menghasilkan durian bhinneka bawor yang memiliki tipis, daging tebal berwarna kuning, dan rasanya manis. Bahkan kabarnya durian jenis ini bisa ditanam di berbagai daerah, entah dataran , dataran rendah, dan juga pesisir pantai.

“Tanaman durian bhineka bawor merupakan hasil modifikasi dari beberapa jenis durian di antaranya sunan, petruk, montong, dan sitokong yang dijadikan satu (dengan cara okulasi) sehingga bagian bawahnya akan seperti akar bakau,” kata Pak Sarno, seperti dilansir Antara.

Harga durian bhinneka bawor per kilo sekitar Rp 50 ribu. Padahal berat atau bobot 1 buah durian bhinneka bawor berkisar 4-15 kilogram (kg), sehingga penghasilan petani durian diharapkan dapat meningkat. Dalam setengah hari saja Pak Sarno mengaku dapat menjual hingga 1 ton durian bhinneka bawor. “Pembelinya datang dari berbagai daerah termasuk luar negeri seperti dan Australia. Selain dimakan di tempat, durian itu juga dibawa pulang,” ujarnya.

durian yang kental dan khas dengan komposisi manis yang sangat khas, ketebalan dan kelembutan dagingnya yang luar biasa. Bentuknya (durian) hampir mirip dengan durian monthong, tapi untuk rasanya jauh berbeda daging duriannya, dan tekstur daging durian bawor kuning keemasan hampir mirip dengan durian petruk dan durian Medan, tapi rasanya jauh berbeda, lebih enak durian bawor ini,” jelas Ali Rido Mochza, salah satu pengunjung asal Jakarta.

Selain menjual buah durian, di kebun milik Pak Sarno ini juga menjual bibit duren bhinneka bawor dengan harga mulai Rp 50 ribu untuk bibit yang masih kecil, sampai harga Rp 4 jutaan untuk bibit yang sudah tinggi. “Untuk durian yang ukurannya besar biasanya dilelang. Kemarin ada tiga durian dilelang dan terjual dengan harga Rp 2,7 juta, dibeli oleh dari Boyolali,” pungkasnya.

Loading...