Jadi Varietas Unggulan, Berapa Harga Bibit Lobster Mutiara?

Ilustrasi : Bibit Lobster Mutiara - www.cnnindonesia.com

JAKARTA – Sebagai negara kepulauan, Indonesia memang memiliki kekayaan yang beraneka ragam, termasuk . sering dikatakan sebagai dalam negeri yang punya peranan penting, karena paling potensial untuk dikembangkan dengan sistem perikanan lokal, terutama lobster mutiara dan lobster pasir. Jika harga benihnya lumayan murah, ketika dewasa dan masuk industri kuliner, harganya bisa mencapai ratusan ribu per kg.

“Lobster merupakan jenis yang komersial di sepanjang pantai utara dan selatan Amerika, Afrika Mediterania, India, Australia, Selandia Baru, dan perairan Indo-Pasifik, termasuk perairan Indonesia,” jelas pakar crustacea Pusat Penelitian Oseanografi di LIPI, Rianta Pratiwi, dilansir Kompas. “Lobster mutiara dan lobster pasir menjadi lobster paling potensial untuk dikembangkan melalui sistem perikanan yang ada di Indonesia.”

Selain untuk konsumsi domestik, lobster saat ini telah menjadi komoditas yang dipasarkan ke luar negeri. Nilai jual lobster mutiara untuk pasar masih menjadi yang paling tinggi dibandingkan jenis lobster lainnya. Pada tahun 2019 lalu, di pasar gelap, seperti dikutip dari Samudranesia, nilai jual lobster mutiara sekitar Rp50 ribu sampai Rp60 ribu per ekor, sedangkan tahun 2020 berkisar Rp55 ribu per ekor.

Lalu, berapa sebenarnya harga lobster mutiara di tingkat ? Menurut pemberitaan Mongabay, sejumlah perusahaan membeli lobster mutiara kepada dengan harga sekitar Rp28 ribu hingga Rp30 ribuan per ekor. Harganya memang masih lebih mahal dibandingkan lobster pasir yang dipatok cuma sekitar Rp9 ribu sampai Rp10 ribuan per ekor.

Ketika sudah sampai di industri, dan makanan misalnya, harga lobster akan naik gila-gilaan. Menurut Executive Chef Roemah Kentang 1908, Bahran Hidayat, harga lobster ternak sekitar Rp100 ribu sampai Rp230 ribuan per kg. Sementara, lobster yang berasal dari laut atau liar, harganya bisa menyentuh angka Rp330 ribu hingga Rp400 ribuan per kg. “Lobster dengan corak hitam biasanya paling mahal karena termasuk king lobster dengan berat bisa mencapai 1,5 kg,” tuturnya kepada Suara.com.

Loading...