Simpan Beragam Manfaat, Harga Bibit Kemiri Sunan Mulai Puluhan Ribu Rupiah

Bibit Kemiri Sunan - news.okezone.comBibit Kemiri Sunan - news.okezone.com

Kemiri sunan merupakan yang berasal dari dan sudah banyak dikembangkan di Indonesia. Bukan hal yang aneh, pasalnya kemiri sunan disebut-sebut menyimpan banyak yang terkandung dalam bijinya. Tak heran jika kemudian di banyak atau benih kemiri sunan dengan yang .

Sebagai informasi, harga bibit kemiri sunan siap tanam dengan tinggi mulai 35 cm dijual sekitar Rp20 ribuan. Sedangkan untuk benih atau biji kemiri sunan harganya lebih mahal, sekitar Rp55 ribuan sampai Rp75 ribuan per 1 kilogram (kg).

Tanaman satu ini kabarnya telah dikembangbiakkan secara terpadu di Sumedang, Jawa Barat. Kemiri sunan menyukai daerah dengan iklim tropis yang suhunya berkisar di angka 18,7 hingga 26,20 derajat celsius, dengan kelembapan udara berkisar di angka 5,4 sampai 7,1. Bahkan tinggi pohon kemiri sunan ini dapat mencapai 15 meter dan dapat hidup lebih dari usia 75 tahun.

Kemiri sunan atau yang memiliki nama ilmiah reutealis trisperma (blanco) airy shaw dulunya dijauhi karena buahnya yang beracun. Meski demikian, buah yang kerap digunakan untuk pembasmi tikus di sawah ini rupanya mengandung minyak. Minyak kemiri sunan biasanya dimanfaatkan sebagai pernis dan pengawet kayu kapal. Dewasa ini, minyak kemiri sunan disebut-sebut juga dapat dijadikan pengganti bakar fosil.

Tak seperti sawit yang membutuhkan lahan dengan kondisi lingkungan tropis yang bagus, kemiri sunan cenderung mudah beradaptasi di lahan marjinal, misalnya lahan kering relatif ekstrem dan berbatu, tanah kering masam, hingga tanah pasir. “Jadi untuk menanam kemiri sunan tidak perlu membuka hutan seperti halnya sawit,” beber Kepala Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertanian Dr Syafaruddin Deden, seperti dilansir Tempo.

“Kemiri sunan ini selain bijinya menjadi biodiesel, kulit sabutnya bisa untuk pupuk dan pestisida alami, bungkilnya untuk pakan ternak, dan produk sampingnya gliserol bisa untuk produksi sabun, serta terpentin untuk cat dan bahan oleokimia lainya, seperti halnya sawit,” imbuh peneliti biofuel Balittri Dibyo Pranowo

Loading...