Hasilkan Lebih Banyak Buah, Harga Bibit Kelapa Kopyor Kultur Jaringan Cukup Mahal

Bibit Kelapa Kopyor Kultur Jaringan - www.klikmania.netBibit Kelapa Kopyor Kultur Jaringan - www.klikmania.net

Kopyor atau yang juga disebut dengan istilah garoh oleh merupakan yang cukup disukai di Indonesia. Padahal kopyor sendiri adalah kelainan genetik pada . Ciri dari kopyor adalah daging buah yang empuk atau terlepas dari tempurungnya, air sedikit, dan aroma yang khas berbeda dari daging biasa. Meskipun hasil kelainan genetik, nyatanya harga kopyor di lebih mahal dibanding muda biasa. Tak heran jika mulai banyak orang yang tertarik membudidayakan kopyor dengan mencari bibit kopyor hasil kultur jaringan.

Harga bibit kelapa kopyor kultur jaringan memang cukup mahal, berkisar antara Rp67 ribu sampai Rp69 ribuan dengan tinggi bibit antara 40-60 cm, masa buah 1-2 tahun. Perawatan bibit kelapa kopyor kultur jaringan cukup dilakukan penyiraman 1 kali sehari.

Menurut Dosen Program Studi Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Sisunandar, pembibitan kelapa kopyor dengan kultur jaringan dapat menghasilkan dengan banyak buah dan seluruhnya kopyor. Pada pembibitan konvensional, petani memakai kelapa normal dari tandan yang ada kopyornya untuk ditanam. Oleh sebab itu, persentase munculnya buah kopyor sedikit, hanya 1-2 butir dalam 1 tandan.

“Bibit kelapa kopyor dari metode kultur jaringan juga lebih cepat panen. Hanya butuh waktu sekitar empat tahun. Namun, untuk panen perdana, jumlah kelapa kopyor yang dihasilkan belum terlalu banyak, antara 4-7 butir per tandan. Jumlahnya akan bertambah pada panen tahun-tahun berikutnya, mencapai 15 butir per tandan,” jelas Sisunandar.

Kemudian, usia produktif tanaman kelapa kopyor juga cukup lama, antara 45-50 tahun. Apabila dibudidayakan dengan sistem pengairan yang baik, maka tanaman kelapa kopyor dengan kultur jaringan ini dapat dipanen 1 tandan per bulan.

Kelapa kopyor mempunyai 2 varietas, yaitu kelapa kopyor biasa dan kelapa kopyor varietas genjah. Kelapa kopyor umumnya seperti kelapa biasa. Mempunyai pohon yang tinggi dan umumnya baru berbuah di usia 4 sampai 5 tahun. Sementara itu, kelapa kopyor varietas genjah mempunyai pohon yang pendek dan sudah berbuah pada usia 2 atau 3 tahun. Kopyor dapat langsung dikonsumsi atau dijadikan campuran minuman dan makanan ringan.

Loading...