Punya Nilai Ekonomi Tinggi, Segini Harga Bibit Kacang Macadamia

Bibit Kacang Macadamia - travel.tribunnews.comBibit Kacang Macadamia - travel.tribunnews.com

Macadamia adalah salah satu kacang dengan harga termahal di dunia. Kacang satu ini memang memiliki nilai ekonomi tinggi, tak heran jika kemudian kacang macadamia pun dengan harga yang mahal pula.

Macadamia merupakan tumbuhan asli famili Proteaceae, genus Macadamia F Muell. Jenis macadamia ada beragam, mulai dari Macadamia integrifolia, Macadamia tetraphylla, Macadamia ternifolia, Macadamia whelanii, Macadamia jansenii, Macadamia grandis, Macadamia claudensii, serta Macadamia hildebrandii. Macadamia integrifolia dan Macadamia tetraphylla bisa dikonsumsi dan buahnya dimakan mentah. Selain itu, kacang macadamia juga dimanfaatkan untuk membuat kue, campuran es krim, dan campuran cokelat.

Ciri-ciri kacang macadamia biasanya berwarna hijau gelap dengan permukaan yang licin. Buah muncul dari salah satu ketiak daun pada ranting-ranting kecil. dan bentuk buahnya mirip seperti duku dengan tempurung keras. Secara ekonomi, kacang macadamia dapat dijual dengan kisaran harga Rp300 ribu hingga Rp400 ribu per 1 kilogram (kg).

Menariknya, tahun 2019 lalu Menteri Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya sudah mulai mengajak untuk menanam pohon macadamia. Makadamia menurutnya dapat hidup pada ketinggian 800 mdpl dan bisa dimanfaatkan sebagai ekonomi, tetapi tidak mengganggu ekosistem lingkungan.

“Sebenarnya potensinya besar, hanya karena belum menonjol sehingga belum masyarakat yang tahu. Kita sudah distribusikan bibit Macadamia ke sejumlah wilayah di antaranya Sumsel, Sumut, Lampung, Jateng, Jabar, dan Jatim sendiri sebanyak 1 juta batang,” ujar Siti Nurbaya di Desa Oro-Oro Ombo, Junrejo, Kota Batu, Desember 2019 lalu, seperti dilansir Okezone.

Lebih lanjut Siti Nurbaya menjelaskan, bibit macadamia dapat bernilai ekonomis ketika telah menginjak usia 5-7 tahun. “Satu pohon macadamia sekali panen bisa sampai 20-25 kg dalam setahun bisa panen 3-4 kali. Ini ketika berusia 5-7 tahun, kalau menginjak 10 tahun produksinya bisa dua kali lipat. Kalau satu petani punya 1 hektare pohon macadamia. Itu gross margin-nya bisa lebih dari Rp1 miliar, dan ini bibit macadamia kami bagikan gratis untuk masyarakat,” tuturnya.

Adapun harga bibit kacang macadamia di pasaran cukup variatif. Misalnya, bibit kacang macadamia tinggi 40 cm dijual dengan harga antara Rp71 ribu sampai Rp110 ribu, bibit macadamia yang tingginya masih 10-15 cm harganya Rp25 ribu, dan ada juga yang menjual paket bibit macadamia tinggi 25 cm isi 5 pohon seharga Rp170 ribuan.

Loading...