Dipelihara Sebagai Ikan Hias atau Konsumsi, Harga Bibit Ikan Mas per Kg Terjangkau

Harga Bibit Ikan Mas - masbenihsuper.blogspot.comHarga Bibit Ikan Mas - masbenihsuper.blogspot.com

Ikan mas alias ikan karper termasuk ikan yang banyak dipelihara atau dibudidayakan oleh Indonesia. Keindahan warna serta kemudahan dalam pemeliharaan membuat banyak orang tertarik untuk memilikinya, bahkan menjadikannya ladang bisnis. Untuk mendapatkan ikan mas yang berkualitas, tentunya diperlukan atau benih yang berkualitas pula. Ikan dengan nama Latin Cyprinus carpio ini biasanya dijual per 1 kg dengan variatif.

Salah satu warga di Kecamatan Sibiru-biru, Kabupaten Deliserdang bernama Josep Ginting mengaku tertarik menekuni usaha budidaya ikan air tawar tersebut sejak lama. “Harganya terus mengalami kenaikan,” ucap Josep, seperti dilansir Medanbisnisdaily.

Lebih lanjut Josep menjelaskan, ikan mas yang beredar di Indonesia umumnya berasal dari , Eropa, Taiwan, dan Jepang. Ada juga ikan mas lokal yang dijuluki ikan mas punten dan ikan mas majalaya. Biasanya benih ikan mas bisa dipanen setelah dipelihara selama 21 hari. Sedangkan umur ikan mas yang bisa dipanen antara 3-4 bulan dengan berat mencapai 400-600 gram per ekor. “Makanan utamanya adalah tumbuhan dan yang terdapat di dasar dan tepi perairan,” ungkapnya.

Adapun waktu yang dibutuhkan untuk budidaya ikan mas dari 100 gram per ekor hingga mencapai siap konsumsi antara 300-400 gram per ekornya sekitar 2-3 bulan. Selama kurun waktu tersebut, bobot ikan mas bisa mengalami pertumbuhan sekitar 3-4 kali lipat. Tiap kali panen, Josep mengaku dapat menghasilkan 1-1,5 ton ikan mas siap konsumsi.

Menurutnya, dalam budidaya ikan mas tak harus menggelontorkan yang besar. Pasalnya membudidayakan ikan mas dapat disesuaikan dengan anggaran. “Harga ikan mas juga terbilang stabil. Sehingga tidak perlu khawatir untuk memulai budaya jenis ikan ini,” tegasnya.

Sebagai informasi, harga bibit ikan mas per kg saat ini berkisar antara Rp40 ribuan hingga Rp55 ribu, tergantung dari kualitas dan ukuran bibit. Ikan mas biasanya dibudidayakan untuk sekadar dipelihara sebagai ikan hias atau bahkan dijadikan ikan konsumsi. Bahkan rasa ikan satu ini kabarnya tak kalah lezat dengan ikan tawar lainnya yang sudah populer seperti gurame.

Loading...