Harga Bibit per Kg Terjangkau, Budidaya Ikan Lele Bisa Datangkan Omzet Besar

Lele SangkuriangIlustrasi Lele Sangkuriang - deweezz.com

ikan lele sampai saat ini masih dinilai menguntungkan. Bahkan benih atau lele bisa mendatangkan hingga jutaan jika ditekuni dengan sabar. Seperti diketahui, permintaan ikan lele untuk konsumsi saat ini begitu besar. Harga ikan satu ini di pun cukup terjangkau, tak heran bila disukai oleh banyak kalangan.

Menurut Sugiyanto, salah satu pembudidaya ikan lele di Desa Maguan Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang, permintaan terhadap ikan berkumis ini cukup besar. “Saya dulu merantau di Jawa Barat jualan nasi goreng tahun 1997. Tiap pulang ke Maguan, tetangga udah ada yang merintis buka kolam lele. Saya akhirnya belajar dan dari situ saya tertarik,” ungkap Sugiyanto, seperti dilansir Tribunnews.

Kemudian tahun 2010 ia memutuskan untuk membuat 5 kolam ikan lele dengan modal Rp5 juta. “Saya akhirnya dapat menemukan minat di usaha ini. Akhirnya mantap buka kolam lele. Keterampilan dari otodidak ya saya belajar dari teman-teman,” ungkapnya.

Ia menilai bahwa budidaya ikan lele memang gampang-gampang susah. Akan tetapi tips yang bisa ia sampaikan adalah, budidaya lele harus dilakukan dengan telaten seperti merawat anak sendiri. “Harus telaten biar bisa dapat omzet Rp10 juta per bulan. Benih harus dialiri air yang bersih, pakan yang berkualitas,” katanya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, harga benih lele Rp80 per ekor. Sekali panen ikan lele memiliki siklus hidup 40-50 hari. Sekitar 100 ribu benih pun bisa ia peroleh dalam sekali panen. Sugiyanto mengaku memasarkan benih cukup ke kawasan Malang Raya dan Tulungagung. “Saya anggap pembenihan seperti merawat bayi, jadi harus telaten. Menurut saya punya bakat nggak selalu menjamin kesuksesan. Tapi yang penting rajin tekun dan telaten,” tandasnya.

Sebagai , bibit lele di pasaran biasanya per ekor dalam berbagai pilihan , ada yang masih sangat kecil dan ada yang ukurannya sudah 9-10 cm. Bibit lele kiloan biasanya berisi beberapa ekor. Adapun untuk bibit lele 1 kg isi 30 ekor seharga Rp1.200 per ekor, jadi sekitar Rp36 ribu per kg. Kemudian untuk bibit lele 1 kg berisi 40 kg harganya Rp1.000 per ekor atau Rp40 ribu per kilo.

Loading...