Hasilkan Kayu Berkualitas Baik, Berapa Harga Bibit Gaharu Super King?

Bibit Gaharu Super King - www.agrobibittanaman.comBibit Gaharu Super King - www.agrobibittanaman.com

Gaharu (Aquilaria beccarain) sudah lama dikenal sebagai yang memiliki nilai tinggi. Gaharu adalah dengan kehitaman dan mengandung resin khas yang dihasilkan sejumlah spesies pohon dari marga/genus Aquilaria, terutama A. malaccensis. Resin tersebut digunakan dalam industri wangi-wangian (parfum dan setanggi) karena berbau harum. Bibit pohon gaharu saja harganya bisa cukup mahal, apalagi tertentu seperti gaharu super king.

Sebagai gambaran, harga kayu gaharu biasanya dihitung berdasar tingkatan atau grade. Kayu gaharu grade paling tinggi menunjukkan kualitas resin yang padat. Apabila makin padat resin di dalam kayu gaharu, maka semakin tinggi pula nilai jual kayunya. Gubal gaharu kualitas super king merupakan yang paling tinggi tingkatannya. Harga kayu gaharu super king dapat menyentuh ratusan juta per kilogram (kg).

“Menemukan grade super king sangat sulit karena hanya diperoleh dari hasil pemburuan kayu gaharu alam. Untuk kayu gaharu yang direkayasa atau inokulasi, biasanya cuma memperoleh grade kelas medang atau tri chip. Namun, harga gaharu kelas medang saja bisa menyentuh di atas dua puluh juta rupiah,” kata Ketua Asosiasi Eksportir dan Handicraft Indonesia (ASEPHI) Kalimantan Selatan, San Santi, seperti dilansir Kumparan.

Di online pun bibit gaharu super king cukup sulit untuk ditemukan. Jenis bibit gaharu yang lebih mudah ditemukan adalah bibit pohon gaharu super. Harga bibit pohon gaharu super berkisar mulai Rp14 ribu sampai Rp50 ribuan. Harga bibit gaharu super dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu dan harga yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak penjual.

Sebelum memutuskan untuk membeli kayu gaharu, perlu ketelitian lebih agar tidak terkecoh dengan kayu yang palsu atau bahkan yang kualitasnya rendah. “Harus jeli menilai mana yang kualitasnya baik, sedang dan bahkan menilai kayu yang palsu. Serat dari gaharu yang bagus itu lebih solid dan padat,” kata H Nurdin, pemilik Toko Udin borneo di Pertokoan Cahaya Bumi Selamat, Martapura, Kabupaten Banjar.

Loading...