Mulai Langka, Harga Bibit Buah Menoa Dibanderol Puluhan Ribu Rupiah

Bibit Buah Menoa - www.tokopedia.comBibit Buah Menoa - www.tokopedia.com

Buah menoa merupakan salah satu srikaya yang bagian buahnya akan berwarna ketika sudah matang. Buah satu ini memiliki yang manis dan wangi. Saat berbuah, berat buah menoa bisa mencapai 700 gram. Buah tersebut memang sudah mulai jarang ditemukan. Namun demikian, masih ada beberapa pedagang yang menjual buah menoa dengan berkisar antara Rp60 ribuan sampai Rp150 ribuan.

Buah menoa disebut-sebut memiliki sifat anti-radang dan anti-depresi. Daunnya memiliki rasa yang pahit, kelat, sifatnya sedikit dingin. Berkhasiat sebagai astringen, antiradang, peluruh cacing usus (Anthelmintic), serta mempercepat pemasakan bisul dan abses. Biji menowa konon berkhasiat memacu enzim pencernaan, abortivum, anthelmintik, dan pembunuh serangga (insektisida). Kulit kayu berkhasiat astringen dan tonikum. Kemudian, buah menoa muda dan biji juga berkhasiat antiparasit.

Menoa disebut dapat optimal pada dataran rendah sampai dataran tinggi dan membutuhkan sinar matahari sepanjang hari. Buah yang kini mulai langka itu memiliki masa berbuah dalam 1-2 tahun dan dapat ditanam dalam pot (tabulampot) dengan diameter lebih dari 60 cm. Penyiraman menoa dapat dilakukan sehari sekali dan pemupukan sebulan sekali dengan pupuk NPK daun.

Menurut Puri, Desa Jadimulya, Cirebon, saat ini sudah jarang anak muda yang tahu dan hafal mengenai buah menoa atau nona. Puri mengatakan, buah menoa merupakan buah kenangan masa kecil yang kini sulit dicari keberadaannya. “Rata-rata yang lahir antara rentang tahun 80-90an tahu buah ini. Saat kecil jadi karena rata-rata pohonnya tumbuh liar. Sekarang nyarinya cukup susah. Mungkin di Cirebon sudah termasuk jarang dan langka,” beber Puri, seperti dilansir Radarcirebon.

Buah menoa katanya dulu juga sering digunakan untuk obat, karena dipercaya dapat mengobati masalah pencernaan dan obat penurun kolesterol. Bahkan buah menoa kabarnya bisa menjadi obat untuk penyakit jantung dan juga penyakit hipertensi. “Selain buahnya manis, buah tersebut juga kaya manfaat. Harapannya sih ada pelestarian dan buah ini bisa seperti dulu lagi,” kata Puri.

Loading...