Menguntungkan Buat Dibudidayakan, Harga Bibit Lele Mutiara Tergantung Ukuran

Harga Bibit Lele Mutiara - www.olx.co.idHarga Bibit Lele Mutiara - www.olx.co.id

Di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, memiliki sampingan seperti lele sebenarnya bisa menjadi alternatif yang cukup menguntungkan. Ada banyak jenis lele yang prospektif untuk dibudidayakan, misalnya saja lele mutiara. Lele mutiara atau “mutu tinggi tiada tara” ini kabarnya relatif tahan dan memiliki masa yang cepat. Harga bibit atau benih lele mutiara di pun tak terlalu mahal dibandingkan indukannya.

Menurut Lilik Toto Wisojo, salah satu usaha pembenihan ikan di Desa Pasuruan, Kecamatan Penengahan, Lampung, jenis lele mutiara mempunyai banyak keunggulan, di antaranya daya tahan yang tinggi terhadap penyakit, masa panen singkat hingga 75 hari dari normalnya 90 hari satu siklus tebar, serta budidaya yang lebih cepat menjadi pilihan dengan tanah, semen, atau terpal. Para pembudidaya ikan lele mutiara skala rumah tangga kabarnya sering memakai terpal untuk budidaya.

“Budidaya relatif mudah, singkat, penggunaan pakan yang bisa dihemat, menjadi alasan lele mutiara kerap dibudidayakan dalam skala rumah tangga hingga budidaya untuk komersial. Lele mutiara memiliki keunggulan dibanding jenis lele lain, sehingga bisa jadi pilihan untuk bisnis perikanan,” beber Lilik, seperti dilansir Cendananews.

Sementara itu, pembudidaya ikan lele mutiara lainnya bernama Trubus mengakui bahwa per seribu ikan lele mutiara dapat menghasilkan maksimal hingga 9 kuintal. ikan lele mutiara konsumsi berasal dari pemilik warung makan dan rumah tangga. “Prospek budidaya lele mutiara sangat menjanjikan, sehingga cocok jadi usaha sampingan bernilai ekonomis tinggi,” ujar Trubus.

Sebagai informasi, jika tertarik untuk mulai budidaya ikan lele mutiara, sebaiknya diawali dengan memilih bibit berkualitas yang memang sudah bersertifikat untuk menjamin kualitasnya. Harga bibit lele mutiara biasanya dibedakan dari ukuran panjang tubuh bibit itu sendiri. Misalnya, bibit lele mutiara bersertifikat ukuran 6-7 cm dijual mulai Rp400 per ekor untuk minimal pembelian 200 ekor. Kemudian bibit lele mutiara bersertifikat ukuran 7-8 cm harganya Rp550 ekor (minimal ambil 100 ekor), ukuran 9-10 cm dibanderol Rp450 per ekor (minimal ambil 100 ekor), dan paket bibit ikan lele mutiara ukuran 7-8 cm isi 100 ekor dijual Rp95 ribu.

Loading...