Cocok untuk Diternakkan, Segini Kisaran Harga Bibit Sapi Brahman

Sapi Brahman - en.wikipedia.orgSapi Brahman - en.wikipedia.org

Jenis yang cukup menguntungkan untuk diternakkan memang sangat beragam. Misalnya saja limosin, simental, hingga brahman. Beberapa pedaging tersebut banyak dicari, khususnya pada Hari Raya Kurban atau Idul Adha. Beberapa biasanya membeli atau anakan brahman, untuk kemudian dipelihara atau diternakkan hingga berusia dewasa dan memiliki harga yang tinggi di .

Seperti diketahui, sapi brahman tergolong jenis sapi pedaging yang . Sapi yang berasal dari India ini mempunyai daging yang berotot dan bobotnya dapat mencapai 900 kg. Tak heran jika kemudian harga sapi brahman di pasaran bisa dibanderol mencapai Rp50 juta per ekor. Sedangkan untuk bibit atau bakalan sapi brahman cross (BX) harganya berkisar antara Rp11 juta hingga Rp18 juta per ekor. Harga tersebut merupakan bakalan sapi brahman cross dengan bobot 200-400 kg usia sampai 2 tahun.

Sapi brahman cross sendiri merupakan jenis sapi yang dihasilkan dari persilangan antara jenis sapi brahman asal India dengan jenis sapi asal Australia, seperti jenis shorton, limosin, dan lain-lain. Hasil persilangan tersebut juga memungkinkan untuk mendapatkan sapi dengan tingkat kemiripan 80% dengan sapi brahman, serta memiliki karakter yang sama dengan sapi brahman dan tahan terhadap maupun berbagai alam.

Meski beternak sapi mungkin terkesan merepotkan, nyatanya keuntungan yang didapatkan bisa cukup besar. Elfa Safitri, warga Desa Karangjati, Kecamatan Tarub, Kabupaten Tegal misalnya, dari yang hanya memiliki beberapa ekor kambing, akhirnya bisa memiliki peternakan berisi 70 ekor sapi dari berbagai jenis. “Sekarang saya sudah punya sapi 70 ekor, jenisnya ada simental, limosin, PO. Kalau ngurus semua sekarang saya dibantu empat orang,” kata Elfa, seperti dilansir iNews.

Elfa menjelaskan, mengurus peternakan sapi memang bukanlah hal yang mudah. Selain urusan pakan, minum, dan , Elfa juga membersihkan kandang yang dipenuhi kotoran sapi. Elfa sendiri mengaku tak mempunyai latar belakang pendidikan dalam peternakan. Wanita lulusan SMP ini dapat beternak dengan sukses berkat keuletannya.

Adapun harga sapi lokal di peternakan Elfa pada bulan Juli 2020 lalu dijual mulai Rp18,5 juta sampai Rp25 juta. Kemudian untuk sapi jenis simental, limosin, dan brahman harganya berkisar Rp26 juta sampai lebih dari Rp30 juta per ekor.

Loading...