Kerap Dipakai untuk Komponen Mesin, Berapa Harga Besi S45C per Kg?

Harga Besi S45C - www.tokopedia.comHarga Besi S45C - www.tokopedia.com

Dalam dunia , dikenal berbagai part atau yang terbuat dari atau baja, salah satunya adalah S45C. S45C sendiri merupakan baja medium dengan kandungan karbon 0,45 persen serta sudah dalam bentuk digulung (rolled) atau dinormalisasi. S45C biasanya tersedia dalam bentuk as bulat dan flat. assental yang juga kerap disebut round bar ini mempunyai kemampuan las dan machinability. Selain itu, juga bisa mengalami berbagai perlakuan panas sesuai dengan standar JIS G 4051-2009. S45C biasanya per kg atau per cm dengan yang beragam.

Sebagai , untuk As S45C diameter 100 mm ST60 dijual dengan harga Rp11 ribuan per cm-nya. Kemudian ada juga yang menjual as besi S45C ukuran diameter 30 mm x 25 cm seharga Rp40 ribu. Harga besi S45C per kg biasanya sangat bergantung dari penawaran pihak dan bisa berbeda-beda antara tempat yang satu dengan yang lain. “Besi Assental S45C memiliki hitam layaknya seperti besi beton biasa namun besi assental S45C ini memiliki ukuran terkecil hingga sebesar 3 inch,” kata salah satu penjual besi S45C.

Karena rata-rata besi S45C memiliki kandungan unsur karbon medium antara 0,3-0,5%, maka tak mengherankan jika baja tersebut bisa dikeraskan dengan perlakuan panas (heat treatment) guna membentuk struktur mikro martensit yang keras. Ketika dijual di pasaran, baja S45C mempunyai tingkat kekerasan BHN 160-220 dan kabarnya masih bisa dikeraskan lagi.

Baja karbon medium S45C penggunaannya lebih banyak untuk machinery steel atau baja yang digunakan dalam komponen/sparepart mesin, misalnya saja untuk shaft atau poros transmisi, crankshaft atau poros engkol, gear (roda gigi), coupling, pulley, connecting rods (batang torak), axles (poros gandar), piston pins (pena torak, dan masih banyak lagi.

Jika dibandingkan dengan machinery steel lainnya seperti VCL 140 dan VCN 150, kabarnya material S45C lebih sering dipakai. Hal itu rupanya dilandasi oleh harga dari besi S45C yang relatif lebih murah dibandingkan machinery steel jenis lain.

Loading...