Harga Bersaing dengan Batu Alam, Pattern Concrete Kini Banyak Dilirik oleh Masyarakat

Pattern Concrete - www.dhdriveways.co.ukPattern Concrete - www.dhdriveways.co.uk

Paving block atau conblock saat ini sudah sangat lumrah digunakan untuk melapisi jalanan agar tampak lebih rapi dan sedap dipandang. Paving menjadi alternatif murah untuk pelapis jalan selain aspal atau bebatuan. Bahkan kini juga sudah berkembang paving bermotif atau yang lebih kerap disebut stamped concrete alias pattern concrete. Dibandingkan paving biasa, stamp concrete dengan harga yang relatif lebih mahal karena dan corak warnanya lebih serta menarik.

Di , harga pattern concrete berkisar Rp 575 ribuan per meter persegi (m2), sudah termasuk jasa pemasangannya. Stamped concrete/pattern concrete sendiri adalah finishing untuk beton ready-mix yang bisa diaplikasikan dengan bermacam bentuk pola dan warna, sehingga membentuk tekstur tiga dimensi (3D) di permukaan.

Pelaksanaan pekerjaan stamped concrete diawali dengan pengecoran beton ready mix di lapangan, yang kemudian diikuti dengan pewarnaan menggunakan colour hardener dan release agent, pengecapan dengan cetakan motif, dan pelapisan permukaan beton menggunakan sealant/coating.

“Stamped Concrete biasanya dipilih oleh arsitek atau developer dikarenakan untuk memberikan nilai estetika pada permukaan beton yang semula sederhana menjadi suatu karya seni dengan tekstur indah dan warna-warna menawan. Stamped Concrete dapat digunakan pada area driveway kendaraan, tempat parkir kendaraan, carport, lobby plaza, taman, teras, tepi kolam renang, dan lantai interior,” kata salah satu pattern concrete.

Pattern concrete biasanya diproduksi dalam ratusan pola berbeda yang meniru estetika batu alam dan lainnya. Mat pattern concrete meliputi brick, slate, flagstone, cobblestone, fieldstone, fan stone dan masih banyak lagi. Mat pattern concrete umumnya dibuat menyerupai batu namun juga bisa dibuat menyerupai wood, rock salt finishes, broom finishes, fossils, atau leaves.

Stamped/pattern concrete menawarkan sejumlah keunggulan, mulai dari proses pengerjaannya yang cepat dan mudah dalam hal perawatan, tahan lama dan kokoh karena terbuat dari beton ready mix, banyak pilihan pola/tekstur/warna yang bisa disesuaikan dengan keinginan, pola/tekstur/warnanya tak mudah mengelupas karena satu kesatuan dengan beton ready mix, serta harganya pun bersaing dengan produk hardscape lain seperti batu alam.

Loading...