Harga Berkisar Ratusan Ribu Rupiah, Flare Gun Kerap Disalahgunakan

Flare gun atau Signal PistolIlustrasi : Flare gun atau Signal Pistol - www.2040-parts.com

Flare gun, pistol suar atau yang juga kerap disebut dengan istilah signal pistol merupakan pistol berlubang besar yang dapat mengeluarkan flares atau suar. Flare gun biasanya digunakan untuk memunculkan iluminasi untuk penglihatan yang lebih baik atau sebagai sinyal marabahaya. flare gun memang relatif terjangkau sekitar Rp 575 ribu, dan untuk pelurunya Rp 65 ribuan.

Bentuk flare sebenarnya ada bermacam-macam, ada yang menyerupai gun atau pistol hingga yang berbentuk parachute rocket flare (roket pelontar cerawat). Namun sayang, pistol yang pada dasarnya untuk kepentingan darurat ini justru kerap disalahgunakan di dalam stadion olahraga oleh para suporter sepak bola. Padahal jika disalahgunakan, dari flare ini akan sangat berbahaya.

Flare gun pada dasarnya adalah benda pemantik pertolongan awak kapal karena bisa memancarkan cahaya maupun asap, sehingga tim penyelamat bisa melihat secara jelas dan segera memberikan pertolongan. Pada parachute rocket flare misalnya, roketnya berasal dari aluminium berbahan bakar padat dan pemantiknya seperti pistol dumpis (menggunakan pen dan ditekan). Saat dinyalakan, roket pelontar cerawat akan terbang.

“Dari kejauhan, baik parasut maupun asapnya biasanya tidak terlihat dengan jelas. Yang tampak hanya sinarnya saja. Warnanya merah mencolok, bergerak secara perlahan agak menurun. Bisa juga mengikuti arah angin dan tiba-tiba padam dan meredup karena flare-nya telah habis,” kata Nur Agustinus, seperti dilansir Indosport.

Kasus penyalahgunaan flare gun ini sempat terjadi saat pertandingan Tim Nasional (Timnas) Indonesia melawan Fiji pada tahun 2017 lalu di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi. Salah seorang suporter ada yang menyulut roket pelontar cerawat hingga mengenai salah satu suporter lainnya. Nahas, seorang suporter yang menjadi korban lontaran suar tersebut kepalanya bersimbah darah dan nyawanya tak tertolong lagi dalam perjalanan menuju sakit.

atau cara kerja parachute rocket flare memang tergolong ekstrem bila disalahgunakan. Benda satu ini dapat terbang membawa api flare. Apabila terbentur atau mengenai sesuatu, maka parachute rocket flare akan menyala dan mengeluarkan api.

Loading...