Harga Beras Maknyus 10 Kg Dinilai Mahal, Banyak Konsumen Beralih Ke Beras Lokal

Beras - sp.beritasatu.comBeras - sp.beritasatu.com

Sejak kasus Maknyus mencuat ke permukaan, sejumlah pasar maupun ritel telah menarik beras PT IBU tersebut dari peredaran. pun kabarnya kini lebih memilih mengonsumsi beras dibandingkan beras polesan pabrik seperti Maknyuss dan Ayam Jago karena harga beras-beras lebih murah.

Seperti diketahui, sebelumnya beras Maknyus menjadi salah satu varian beras kelas premium yang banyak menghiasi rak-rak pusat perbelanjaan seperti Giant, maupun di tingkat mini market seperti Indomaret hingga Alfamart. Beras Maknyuss ditawarkan dalam pilihan ukuran 5 kg dan 10 kg. Harga beras Maknyus 5 kg sekitar Rp 67 ribu per sak, sedangkan harga beras Maknyus 10 kg Rp 128 ribuan per sak.

Di Kota Madiun, beras lokal lebih diburu lantaran harga beras lokal kabarnya berada di bawah harga eceran tertinggi (HET) yang telah ditetapkan oleh . Sebelumnya menetapkan HET beras di kawasan Pulau Jawa, Sumatra Selatan, Lampung, Sulawesi, Bali, dan NTB untuk kualitas medium berada di angka Rp 9.450 per kg, sedangkan HET beras premium Rp 12.500 per kilogram.

Menurut penjual beras di Pasar Besar Kota Madiun, Budiono, kini beras lokal malah lebih dicari oleh warga Madiun. Saat ini Budiono juga sudah tak lagi mendistribusikan beras Maknyuss dan Ayam Jago di pasaran Madiun. Padahal sebelumnya dalam sebulan ia bisa menjual hingga 2 ton beras kelas premium tersebut.

“Saya sudah hentikan distribusi beras Maknyuss dan beras Ayam Jago. Saya hanya menjual beras lokalan ini. Lagipula konsumen juga banyak yang enggan membeli beras premium setelah adanya kasus tersebut,” kata Budiono yang juga Ketua Paguyuban Pasar Besar Kota Madiun awal September 2017 lalu, seperti dilansir Solopos.

Lebih lanjut Budiono mengaku menjual beras-beras lokal hasil panen petani Madiun dan sekitarnya seperti Bramo IR64, Pandan Wangi, dan sebagainya. Di Madiun sendiri harga beras medium berkisar Rp 9.000 per kg, sedangkan beras premium harganya Rp 11.000 per kg.

Loading...