Diklaim Memiliki Wangi Jasmine Alami, Harga Beras Lautan Mas Mulai Puluhan Ribu Rupiah

Ilustrasi : Beras Lautan Mas - www.ekonomisyariah.org

yang beredar di Indonesia ada bermacam-macam. Makanan pokok masyarakat Indonesia ini tersedia dalam seperti raja lele, pandan , hingga yang belakangan cukup adalah beras jasmine atau kerap disebut juga dengan istilah beras melati. Salah satu produsen beras jasmine yang terkemuka adalah Lautan Mas. Beras Lautan Mas tersedia dalam beras dan beras jasmine dengan puluhan ribu rupiah.

Adapun harga beras wangi Lautan Mas ukuran 5 kg dibanderol Rp49.500, sedangkan beras wangi jasmine Lautan Mas sebesar 5 kilogram harganya terpaut sedikit lebih mahal, yakni Rp55.000 per bungkus. “Beras Lautan Mas merupakan beras yang memiliki wangi jasmine tanpa pewangi buatan. Teksturnya yang lembut dan pulen tentunya berkualitas sehingga cocok untuk segala jenis masakan,” demikian klaim pihak Lautan Mas.

Selain perbedaan harga, beras wangi dan beras wangi jasmine Lautan Mas memiliki perbedaan dari segi cara pemasakan. Adapun untuk beras wangi jasmine Lautan Mas bisa dimasak dengan rasio cup beras : air = 1 : 1. Sedangkan untuk beras wangi Lautan Mas rasio cup beras dengan air adalah 1 : 3/4.

Beras melati atau kadang disebut beras wangi rupanya berasal dari Thailand. Beras wangi Thai memiliki karakteristik beras berbentuk lonjong dengan rasa seperti kacang dan aroma seperti pandan yang disebabkan oleh 2-acetyl-1-pyrroline. Beras ini sendiri ditemukan di Thailand sejak tahun 1954 silam. Setelah dimasak, beras melati akan menjadi butir-butir nasi yang teksturnya cenderung lengket atau menempel satu sama lain. Akan tetapi tekstur tersebut tidak lebih lengket dari nasi yang berasal dari beras jenis lainnya, karena beras melati mempunyai kandungan amilopektin yang lebih sedikit.

beras wangi seperti Lautan Mas bisa dibeli di toko-toko sembako terdekat atau jika kesulitan menemukannya juga bisa membeli beras Lautan Mas secara online di sejumlah marketplace terkemuka. Namun perlu diketahui bahwa harga beras Lautan Mas di setiap tempat bisa saja berbeda-beda.

Loading...