Harga Beras Diklaim Lebih Murah, Pemerintah Sediakan BPNT Lewat e-Warong KUBE PKH

Harga Beras - www.medicalnewstoday.comHarga Beras - www.medicalnewstoday.com

melalui Kementerian Sosial (Kemensos) berupaya untuk mencukupi pangan bagi kelompok fakir miskin melalui sejumlah program, salah satunya seperti penyediaan beras Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). BPNT sendiri merupakan bantuan pangan dari yang diberikan pada Penerima Manfaat (KPM) setiap bulannya lewat mekanisme akun elektronik yang dapat dipakai untuk membeli pangan di e-Warong KUBE PKH (Elektronik Warung Gotong Royong Kelompok Bersama Program Keluarga Harapan). Keuntungannya, harga pokok seperti beras, gula pasir, minyak goreng, hingga tepung terigu di e-Warong KUBE PKH diklaim lebih murah.

BPNT dapat dimanfaatkan oleh Keluarga Penerima Manfaat untuk membeli beras premium di banyak agen yang telah tersebar di sejumlah daerah. Adapun BPNT tahun 2019 biasanya diberikan setiap bulan pada KPM berupa transfer sebesar Rp110.000. Uang atau dana tersebut dapat dibelanjakan untuk beras premium hingga 9 kg. “Sebab beras premium harganya sekitar Rp13.000 per kg, jadi maksimal 9 kg,” ujar Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bandung Barat Heri Partomo, seperti dilansir Pikiranrakyat.

Lebih lanjut Heri memaparkan, setiap KPM akan memperoleh bantuan sebesar Rp110.000 pada tanggal 25 setiap bulannya. Pencairan uang secara akan ditransfer ke rekening setiap KPM. Program BPNT adalah kelanjutan Program Keluarga Harapan (PKH) yang telah disalurkan di 68 kabupaten/ pada tahun 2016 lalu menggunakan KKS (Kartu Keluarga Sejahtera).

“Transfer uang dari pusat ini tidak bisa diuangkan, namun hanya bisa digunakan untuk membeli beras dan telur di toko atau agen sembako yang telah ditunjuk. Ini yang perlu kita awasi bersama, agar toko yang ditunjuk menjual beras dengan kualitas yang baik,” imbuh Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko beberapa waktu lalu.

Sebagai , menurut data Kajian Awal Pelaksanaan Program e-Warong Kube-PKH tahun 2017 lalu, harga beras BPNT PKH di wilayah Malang untuk kualitas premium dibanderol Rp50.000 per kantong, di Kediri untuk kualitas premium Rp43.750 dan medium Rp38.500 per kantong, kemudian di Denpasar untuk kualitas medium C4 harganya Rp47.000 dan yang kualitas murah dihargai Rp39.500, di Batam harga beras premium Rp43.000 dan yang medium Rp38.000, serta di Balikpapan berada di angka Rp44.000 untuk kualitas super dan Rp39.000 per kantong untuk beras kualitas medium.

Loading...