Harga Beragam Sesuai Ukuran, Bagaimana Cara Membuat Buis Beton Untuk Septic Tank?

septic tank, ukuran, buis, beton, untuk, ukuran, harga, ideal, cara, pemasangan, material, kedap air, penggalian, area, kotoran, lingkungan, fungsi, toilet, kloset, rumah, diameter, langkah,Buis beton untuk gorong-gorong atau septic tank (sumber: Tokopedia)

Buis atau gorong-gorong/hong adalah bangunan yang biasa digunakan untuk saluran ataupun bisa dijadikan sumur bahkan septic tank. Dengan menggunakan buis beton atau gorong-gorong dapat memudahkan pekerjaan sekaligus mempercantik tampilan hasil .

Buis beton merupakan salah satu jenis beton pracetak yang berbentuk tabung, di mana penggunaannya sering diterapkan pada konstruksi saluran . buis beton yang paling ideal untuk digunakan membuat sumur atau septic tank adalah yang memiliki diameter 80 cm dan panjang 50 cm. buis beton 80x50cm ini biasanya sekitar Rp150 ribu hingga Rp200 ribuan. Sementara untuk buis beton 30x100cm dibanderol dengan harga lebih murah, yakni Rp100 ribuan.

Septic tank pada dasarnya adalah penampungan kotoran dan sumur resapan untuk menampung dan menghancurkan kotoran yang berasal dari toilet atau kloset rumah. Hal ini dikarenakan pada pembuatan septic tank akan diberi sekat bata dan diatur keluar masuknya udara sehingga muncul bakteri yang dapat menghancurkan kotoran.

Setelah itu, kotoran yang telah dihancurkan pun dapat meresap ke dalam tanah tanpa perlu dilakukan penyedotan toilet. Dengan begitu, lingkungan rumah tidak akan terganggu dengan bau kotoran atau pencemaran limbah dari kotoran tersebut.

‚ÄúSeptic tank memiliki untuk mengurai limbah domestik menjadi ramah lingkungan sehingga tidak menimbulkan pencemaran,” kata Bambang Eko Prabowo, Kabag Penataan Kota dan Lingkungan Hidup Jakarta Selatan, dikutip Wartakota.

Buis beton sendiri merupakan yang tepat digunakan dalam membuat septic tank, karena sifatnya yang kedap air sehingga kotoran tidak akan mencemari tanah sekitar. Cara membuat septic tank dengan buis beton dimulai dengan proses perencanaan dan persiapan, mulai dari rencana , pengukuran, hingga peralatan yang dibutuhkan.

Begitu perencanaan dan persiapan sudah rampung. Proses selanjutnya untuk membuat septic tank dengan buis beton adalah penggalian area. Anda perlu menggali dua lubang area yang disesuaikan dengan ukuran buis beton, di mana salah satu lubangnya akan berfungsi sebagai lubang resapan kotoran. Jarak antar lubang biasanya masing-masing 50 cm.

Setelah lubang digali dan siap digunakan, pemasangan buis beton dan paralon pun bisa dilakukan. Begitu proses pemasangan buis beton dan paralon selesai, Anda perlu melakukan uji coba apakah septic tank dan saluran pembuangan yang dibuat dapat berfungsi dengan normal.

Apabila sudah berfungsi dengan lancar, Anda dapat membuat udara pada salah satu lubang yang berperan sebagai resapan kotoran. Hal ini untuk menghindari terjadinya ledakan pada saluran pembuangan dan septic tank dari zat kimia yang dihasilkan dari kotoran. Langkah terakhir, kedua lubang tersebut dapat ditutup dengan menggunakan tutup buis beton.

Loading...