Harga Beragam, Bagaimana Susu yang Bagus untuk Bayi 1 Tahun?

Bayi Minum Susu - familyherbal.net

Susu formula banyak diberikan oleh kepada mereka yang sudah berusia satu tahun sebagai pendamping ASI, atau malah pengganti ASI karena satu dan lain hal. Meski sudah banyak susu formula yang bebas di dengan puluhan ribu hingga ratusan ribu , tetapi beberapa ibu masih bingung menentukan susu bayi yang bagus untuk buah hati mereka.

“Sebenarnya, memilih susu formula untuk usia satu tahun ke atas itu sangatlah gampang, yang paling penting, perhatikan kandungan susu, bukan merek atau harganya,” ujar dr. Jati Satriyo dalam sebuah konsultasi di Alodokter.com. “Pada dasarnya, semua susu formula terdiri dari kumpulan utama, yaitu protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral.”

Ia menambahkan, para ibu sebaiknya memastikan terlebih dulu susu formula tersebut memang untuk dikonsumsi bayi 1 tahun dan telah mengandung gizi yang disebutkan di atas. Jika bayi memiliki alergi terhadap susu sapi, ibu bisa berkonsultasi dengan dokter anak agar dapat diresepkan susu formula dengan protein yang sudah terhidrolisis dengan sempurna.

Saat ini, ada banyak susu formula yang diklaim bagus untuk bayi usia satu tahun. Susu SGM 1+ kemasan 400 gram misalnya, dijual dengan harga sekitar Rp33 ribuan, sedangkan Frisian Flag Jelajah 1-3 kemasan 400 gram dipasarkan Rp39 ribuan. Produk lainnya adalah Vidoran Xmart 1+ kemasan 750 gram yang dijual Rp41 ribuan, Lactogen 3 Gold kemasan 350 gram dengan harga Rp42 ribuan, serta Sustagen Junior 1+ di kisaran harga Rp56 ribuan untuk kemasan 350 gram.

“Pemberian susu yang direkomendasikan untuk bayi adalah ASI atau ASI donor yang telah terbukti aman, atau susu formula bayi” jelas dr. Damayanti Syarif, Sp.A(K), PhD. “Sementara, jika telah berusia di atas 1 tahun, selain ASI, dapat mengonsumsi susu sapi yang sudah di-pasteurisasi atau UHT atau susu formula pertumbuhan, namun harus dikonsultasikan dulu kepada dokter spesialis anak.”

Loading...