Masih Jadi Primadona, Ini Harga Benih Padi IR 64

Ilustrasi : Padi varietas IR 64 - redaksiindonesia.com

JAKARTA – Meski perlahan digeser lain, seperti Ciherang dan IP 400, varietas IR 64 tetap menjadi pilihan banyak petani lantaran punya masa yang relatif singkat, 85 sampai 100 hari setelah tanam (HST). Selain itu, varietas ini juga dapat ditanam dengan hidroganik, bahkan bisa ditanam di gambut. Kelebihan lainnya, benih padi IR 64 relatif terjangkau dan sudah dijual bebas di pasaran.

Popularitas padi IR 64 memang terus tergerus sejak medio 2000-an lalu, termasuk oleh padi Ciherang dan padi Way Apo Buru. Dikutip dari Tempo, di beberapa kabupaten di Jawa Barat, seperti Indramayu, Subang, dan Karawang, padi Ciherang mengungguli IR 64 sebagai varietas yang paling banyak ditanam petani. Penyebab utama pergeseran dari IR 64 ke varietas unggulan baru erat kaitannya dengan produktivitas, ketahanan terhadap hama penyakit, dan rasa.

Walaupun demikian, padi IR 64 masih menjadi pilihan banyak petani, termasuk mereka yang punya lahan tanam yang cukup kecil. Warga Magelang bernama M. Khoirul Saleh misalnya, menanam padi IR 64 di ruang kosong di atas kolam ikan dengan paralon, yang terkenal dengan istilah hidroganik. Sistem ini menggunakan kompos, tidak seperti hidroponik yang murni air.

“Saya menghabiskan 24 paralon sebagai media tanam padi. Untuk padi yang ditanam, ada dua jenis, yakni IR 64 yang berusia 1 bulan lebih 10 hari dan padi merah putih yang berusia 1 bulan,” papar Khoirul, dilansir Detik. “Keuntungan dengan model ini, kontinuitasnya lebih banyak. Untuk menanam padi secara konvensional, dua sampai tiga kali maksimal ditanami dalam setahun. Sementara, dengan hidroganik, bisa lima kali jika dimaksimalkan.”

Nah, apabila Anda juga tertarik membudidayakan padi di lahan yang mini menggunakan padi jenis IR 64, tidak sulit mendapatkan benihnya. Anda bisa membelinya di sejumlah toko bahan atau lewat situs jual beli . Untuk kemasan karung berukuran 5 kg, benih padi IR 64 sekarang rata-rata ditawarkan dengan harga Rp52 ribu sampai Rp95 ribuan. Namun, ada juga yang dijual Rp100 ribuan per 5 kg, seperti merk Tani Sentosa dan Mahkota Kuda.

Loading...